spot_img
Kamis, Mei 2, 2024
spot_img

Pakai Taktik Ini, Rusia dapat Menang!

KNews.id- Pasukan Rusia kemungkinan bergerak untuk mengepung sebagian besar militer Ukraina dalam gerakan menjepit yang bisa mewakili kondisi kemenangan. Taktik Moskow inilah yang diperingatkan analis Inggris untuk Kiev.

Sementara sebagian besar fokus Barat telah didominasi oleh upaya Rusia yang tampaknya terhenti untuk mengambil alih kota-kota besar termasuk Kiev, Mariupol dan Odessa, para peneliti dari Royal United Services Institute (RUSI) mengatakan gerakan pasukan Moskow baru-baru ini menunjukkan bahwa tujuan sebenarnya mereka adalah untuk mengepung tentara Ukraina.

- Advertisement -

Sebagian besar pertahanan negara tetap berada di dekat wilayah Donetsk dan Luhansk yang memisahkan diri di bawah naungan Operasi Pasukan Gabungan (JFO).

“Persiapan untuk serangan amfibi di Odessa mungkin tipuan, mengingat bahwa pasukan darat serangan semacam itu bisa dikaitkan dengan tampaknya bergerak ke utara,” kata para peneliti RUSI.

- Advertisement -

“Posisi kekuatan ini terlihat semakin genting ketika pasukan Rusia maju untuk mengepungnya dengan tiga sumbu,” imbuh analis Sam Cranny-Evans dan peneliti Dr Sidharth Kaushal dalam laporan berjudul “Not Out of the Woods Yet: Assesing the Operational Situation in Ukraine”.

“Dilihat bersamaan, kemajuan ini menghadirkan gambaran yang meresahkan di mana pasukan Ukraina di seberang Donetsk dan Luhansk berada dalam risiko pengepungan di sisi timur Dnieper.” “Jika ini memang fokus pendekatan Rusia, maka penekanan pada kemampuan Rusia untuk mengambil kota-kota besar sebagai metrik keberhasilan akan menjadi kesalahan analitis, karena Rusia tampaknya lebih berniat menjepit pasukan Ukraina di kota-kota seperti Kharkiv,” lanjut para analis.

- Advertisement -

“Untuk Ukraina, ini merupakan momen kritis,” sambung mereka.

“Pengepungan dan penghancuran sebagian besar angkatan bersenjata reguler negara itu dapat mewakili kondisi kemenangan bagi Rusia dalam dua cara.” Mereka menunjuk ke tahun 1940, ketika pasukan Jerman tidak mengepung Paris. “Setelah mengepung tentara Prancis di lapangan dan dengan tegas mengalahkannya, ini menjadi tidak perlu,” tulis mereka.\

“Untuk menahan Kiev dan kota-kota besar lainnya dengan biaya membiarkan pasukan JFO dikepung bisa menjadi bencana. Bahkan jika keinginan Ukraina tidak runtuh setelah pengepungan dan penghancuran JFO, penghapusan kekuatan ini dapat membuat Rusia mengeklaim telah mencapai tujuannya demiliterisasi Ukraina dan akan memungkinkan untuk minimal aneksasi Donetsk dan Luhansk.”

Mereka menambahkan bahwa agar perlawanan berhasil, mereka membutuhkan kekuatan reguler untuk menarik perhatian “penjajah” dan akhirnya melakukan serangan balasan.

“Kelangsungan hidup pasukan yang saat ini berada di timur Ukraina akan sangat penting bagi keberhasilan perlawanan,” tulis mereka, seperti dikutip AFP, Jumat (18/2). (AHM/sindw)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini