spot_img
Minggu, Mei 19, 2024
spot_img

PA 212 Siapkan Ijtima Ulama, PPP Singgung Kekalahan di Pilpres 2019

KNews.id – Persaudaraan Alumni (PA) 212 siapkan Ijtima Ulama untuk menentukan sikap pada pemilu presiden (Pilpres) 2024. PPP menyinggung soal kekalahan calon presiden yang didukung Ijtima Ulama PA 212 pada pemilu 2019 lalu.
Ketua DPP PPP Achmad Baidowi (Awiek) menyampaikan PA 212 pernah menggelar Ijtima Ulama pada Pemilu 2019 tahun lalu.

“Tiap pemilu kan begitu, silakan saja. Namanya ijtima-ijtima begitu,” kata Awiek, saat dihubungi.

- Advertisement -

Pada Pilpres 2019 lalu, PA 212, melalui Ijtima Ulama-nya mendukung Prabowo Subianto yang berpasangan dengan Sandiaga Uno. Saat itu, Prabowo kalah dari Joko Widodo (Jokowi) yang berpasangan dengan Ma’ruf Amin.

“Kemarin 2019 kalah yang didukung mereka. Kasihan lah nama-nama ulama yang dibawa-bawa politik,” katanya.

- Advertisement -

Diketahui, Gerakan Nasional Pembela Fatwa (GNPF) Ulama, PA 212 hingga Front Persaudaraan Islam (FPI) menutup pintu dukungan untuk bacapres Prabowo Subianto pada Pilpres 2024. Namun, Sekretaris Majelis Syuro PA 212 Slamet Maarif mengatakan pihaknya belum mendukung calon presiden (capres) mana pun. Saat ini, kata Slamet, PA 212 tengah menyiapkan ijtima ulama untuk mengambil keputusan.

“Kita belum memutuskan akan mendukung capres yang mana, kita sedang siapkan ijtima ulama untuk ambil keputusan. Kita juga sedang intens komunikasi dengan IB HRS (Imam Besar Habib Rizieq Shihab) terkait Pilpres 2024,” ujar Slamet kepada wartawan.

- Advertisement -

Slamet menyebut pihaknya belum tentu mendukung Anies Baswedan, Prabowo Subianto maupun Ganjar Pranowo. Dia menyebut Pilkada DKI dan Pilpres 2019 akan menjadi catatan untuk menentukan pilihan di Pilpres 2024.

“Kita masih terus mengamati dan mencermati situasi politik yang ada. Kita belum tentu dukung Anies, belum tentu dukung Prabowo atau pun Ganjar. Yang jelas pilkada DKI dan Pilpres 2019 akan jadi pelajaran dan catatan di Pilpres 2024 ini,” ujarnya.

Tak Dukung Prabowo
Ketua Majelis Syuro Persaudaraan Alumni 212 atau PA 212 Yusuf Martak bicara terkait dukungan yang akan diberikan PA 212, Front Persaudaraan Islam, hingga GNPF Ulama di 2024. Yusuf Martak menegaskan tidak akan lagi mendukung Prabowo Subianto.

“Pengalaman 2019 mungkin karena pilihan saat itu mengarah pada salah satu calon, yang akhirnya calon tersebut setelah didukung habis-habisan tanpa biaya, kita juga tak pernah ajukan, saya ditawari pun ditolak, itu umat yang berjuang begitu kuat sejak 8-9 bulan, para ulama, habaib, emak-emak akhirnya ditinggal begitu saja,” kata Yusuf Martak kepada wartawan.

Yusuf menyebut pihaknya tidak mempersoalkan Prabowo yang akhirnya beralih dan bergabung ke pemerintahan. Namun, dia mempermasalahkan tidak adanya respons Prabowo terkait persoalan yang dihadapi pihaknya setelah itu.

Karena itulah, Yusuf Martak menegaskan pihaknya tidak mau lagi memberikan dukungan kepada Prabowo. Dia memastikan dukungan tertutup untuk Prabowo di 2024.

“Nampaknya (tertutup dukungan ke Prabowo) insyallah begitu. Insyallah nampaknya begitu. Mudah-mudahan. Iya (tidak akan dukung). Karena pengalaman kita terlantar dimana-mana,” tegasnya.

“Ya saya berprinsip kita sebagai manusia tak boleh masuk lobang yang sama dua kali. Yang boleh kecebur lobang 2 kali itu hanya keledai,” imbuhnya. (Zs/Dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini