spot_img
Rabu, Mei 8, 2024
spot_img

Otorita IKN Gandeng Pertamina NRE Kembangkan Solusi Berbasis Alam dan Ekosistem

 KNews.id – Otorita Ibu Kota Nusantara (Otorita IKN) dan PT Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) menandatangani perjanjian studi bersama mengenai solusi berbasis alam dan ekosistem. Kerja sama itu diumumkan dalam Konferensi Para Pihak (COP) Ke-28 Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim pada Jumat, 1 Desember 2023.

Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita IKN, Myrna Asnawati Safitri menyebut, kerja sama antara Pertamina NRE dan Otorita IKN melibatkan tiga aspek utama, yaitu iklim, komunitas, dan keanekaragaman hayati.

- Advertisement -

“Dalam konteks iklim, proyek karbon termasuk pertanian dan agroforestri, upaya mitigasi dan pengendalian kebakaran hutan, pelestarian hutan karbon biru, restorasi, serta konservasi hutan turut menjadi fokus,” kata Myrna.

Pada aspek komunitas, kolaborasi melibatkan partisipasi masyarakat lokal dalam pengelolaan hutan secara berkelanjutan, serta mendorong perkembangan sosial dan ekonomi di desa sekitar. Langkah ini sejalan dengan komitmen Pertamina NRE dan Otorita IKN dalam mendukung inklusivitas dan pembangunan berkelanjutan. Sementara pada aspek keanekaragaman hayati, fokusnya mencakup upaya konservasi dan peningkatan keberagaman hayati.

- Advertisement -

Myrna juga menyebut, Otorita IKN menyambut secara positif kolaborasi dengan Pertamina NRE dalam upaya menurunkan emisi di sektor Forestry and Other Land Use (FOLU).

“Otorita IKN menyambut hangat kolaborasi dengan Pertamina NRE dalam upaya penurunan emisi di sektor Forestry and Other Land Use (FOLU), terutama melalui Nusantara Forest Carbon Project untuk mewujudkan Nusantara sebagai Net Zero City. Konsep ini pada dasarnya mempertahankan hutan yang masih ada dan mereforestasi hutan yg sudah rusak yang lokasinya berada di wilayah IKN,” ujar Myrna.

- Advertisement -

Dalam kesempatan yang sama, CEO Pertamina NRE Dannif Danusaputro menyebut, kerja sama antara Pertamina NRE dan Otorita IKN sangat positif, khususnya dalam konteks dampak yang akan timbul terhadap iklim, masyarakat lokal, dan keanekaragaman hayati di IKN.

“Saya yakin Pertamina NRE dengan kompetensi yang dimiliki dapat berperan strategis dan mendukung IKN menjadi kota modern dan hijau yang selaras dengan pembangunan berkelanjutan,” ucap Dannif.  (Zs/Tmp)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini