spot_img
Sabtu, April 20, 2024
spot_img

Otorita IKN Gaet UI untuk Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat

KNews.id- Bersama dengan Universitas Indonesia (UI), Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) bekerja sama dalam meningkatkan bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan oleh Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dengan Rektor UI Ari Kuncoro, Jumat (12/5/2023).

- Advertisement -

Menurut Bambang, komitmen bersama ini menjadi langkah awal bagi semua untuk berkolaborasi melakukan berbagai hal yang dapat dikembangkan dan diaplikasikan terkait berbagai terobosan dan inovasi baru pengetahuan dan pengembangan teknologi.

“Serta, berbagai nature-based solution (solusi berbasis alam) bagi perencanaan dan pembangunan IKN yang modern berkelanjutan,” terangnya dalam siaran pers, Minggu (14/5/2023).

- Advertisement -

Sedangkan Ari mengutarakan harapannya agar IKN dapat menjadi research headquarters (kantor pusat penelitian) dan tempat para periset dan pengajar dari ragam tempat dunia dan Indonesia untuk berbagi pengetahuan dan melakukan kolaborasi riset.

“IKN dapat menjadi inspirasi bagi para periset untuk menyumbangkan ide dan pikirannya serta hilirisasi riset bagi pembangunan Indonesia,” tutur Ari.

- Advertisement -

Adapun kerja sama kedua belah pihak ini nantinya meliputi digitalisasi pembangunan dan pengelolaan IKN. Sedangkan di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Kedua, pengimplementasian teknologi yang inovatif dan bermanfaat bagi kedua pihak secara proporsional dan efektif terhadap transformasi dan digitalisasi pembangunan dan pengelolaan IKN.

Ketiga, pengembangan sumber daya manusia (SDM) melalui penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan.

Keempat, pengembangan dan peningkatan potensi sumber daya alam melalui penyelenggaraan penelitian dan pengkajian. (RZ/KMS)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini