spot_img
Kamis, Mei 2, 2024
spot_img

Oooh, Kader PDIP Kini Banyak yang Tunggu Arahan Jokowi daripada Megawati, Pantas Pengamat Lihat Fenomena Ini

KNews.id- Pengamat komunikasi politik M Jamiluddin Ritonga menilai fenomena kader PDI Perjuangan lebih loyal kepada Presiden Joko Widodo daripada Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

 

- Advertisement -

Menurut Jamiluddin, dari fenomena itu dapat disimpulkan bahwa ada kemunculan matahari kembar dalam PDIP. Ada kader PDIP yang tetap loyal kepada Megawati sedangkan ada juga yang lebih condong ke Jokowi.

Ini dibuktikan, kata Jamiluddin, melalui dukungan Jokowi yang mengarah kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dibandingkan kepada Ganjar Pranowo. Mereka yang loyal ke Jokowi bisa ikut mendukung Prabowo.

- Advertisement -

“Bisa jadi kader PDIP yang tidak mendukung Ganjar lebih loyal kepada Jokowi,” kata Jamiluddin dalam pernyataannya dikutip Liberte Suara, Sabtu (22/7/2023).

Karena itu, tutur Jamiluddin, ada sejumlah kader yang tidak lagi menjalankan keputusan Megawati melainkan mereka menunggu arahan dari Jokowi.

- Advertisement -

“Mereka lebih menunggu arahan Jokowi daripada mengikuti keputusan Megawati,” tutur Jamiluddin, menambahkan.

Menurutnya penegasan politikus PDIP yang menemui Prabowo semakin menguatkan adanya perpecahan di internal PDIP dalam mengusung ganjar di pilpres.

Jamiluddin menambahkan, matahari kembar ini berpotensi melemahkan kepemimpinan Megawati di internal PDIP.

Sebagian kader PDIP tidak lagi tegak lurus atas keputusan Megawati. Akibatnya mesin partai tidak maksimal mengamankan keputusan Megawati.

“Kalau hal itu benar terjadi, maka peluang Ganjar menang. 9FHD/sra)

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini