spot_img
Senin, April 29, 2024
spot_img

OJK: Terdapat Perusahaan Modal Ventura yang Model Bisnisnya Mirip LKM

KNews.id- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan bahwa beberapa perusahaan modal ventura yang saat ini justru melakukan bisnis seperti yang dilakukan Lembaga Keuangan Mikro (LKM). Jumlahnya pun ada sekitar 15 perusahaan modal ventura.

“Faktanya sampai hari ini hanya 75% dari anggota asosiasi perusahaan modal ventura ini yang bener-bener menguasai ataupun memiliki bisnis venture,” ujar Kepala Departemen Pengawasan IKNB 2B, Bambang W. Budiawan.

- Advertisement -

Bambang pun bilang bahwa rencananya perusahaan-perusahaan tersebut akan dibuatkan regulasi khusus untuk fokus pada pembiayaan keuangan mikro. Hanya saja, akan tidak akan sama dengan regulasi LKM karena dasar hukumnya berbeda.

Ia pun akan melihat perusahaan-perusahaan ini lebih banyak memberikan pembiayaan di sektor apa, sehingga nantinya akan dibuat seperti saat ini ada perusahaan pembiayaan yang fokus di infrastruktur, yaitu SMI dan SMF.

- Advertisement -

“Pemain-pemain yang berpengalaman di sektor tertentu dari 15 perusahaan ini, lebih baik dipisahkan saja,” kata Bambang.

“Karena kalau kita paksa-paksa dia tetap venture, nanti malah kualitas asetnya malah jelek nanti malah tidak memberikan kontribusi yang baik untuk ekonomi,” pungkasnya. (Ade)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini