spot_img
Kamis, Maret 28, 2024
spot_img

OJK: Sektor UMKM Menyerap 97 Persen Tenaga Kerja Nasional

KNews.id- Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso kembali mengingatkan betapa pentingnya sektor UMKM bagi perekonomian nasional. Dari data yang ada, Wimboh mengaku, sektor UMKM menjadi salah satu lini usaha yang menyerap paling banyak tenaga kerja di Indonesia.

“Berdasarkan data Kemenkop, 64 juta pelaku usaha berasal dari UMKM dengan penyerapan tenaga kerja yang besar, yakni mencapai 117 juta orang atau 97% dari total tenaga kerja Indonesia,” ujar Wimboh pada paparan virtualnya, Sabtu, 18 September.

- Advertisement -

Dalam membantu UMKM menghadapi pandemi, OJK sendiri juga sudah mengeluarkan kebijakan restrukturisasi kredit yang tertuang pada POJK 48, yang sebelumnya POJK 11. Wimboh mengungkapkan kebijakan ini sudah membantu banyak pelaku UMKM untuk tetap dapat bertahan di masa sulit.

“Kebijakan tersebut sudah membantu 5,3 juta debitur UMKM dengan nominal kredit mencapai Rp332 triliun. Saat ini, sudah semakin menurun, tinggal 3,58 juta debitur dengan nominal Rp285 triliun. Artinya, beberapa pengusaha UMKM sudah mulai membaik dengan berbagai kebijakan yang kita lakukan,” jelasnya.

- Advertisement -

OJK terus berkomitmen untuk mendukung UMKM agar terus berkembang secara berkesinambungan. Dengan begitu, UMKM dapat segera pulih dari pandemi Covid-19 dan kembali menopang perekonomian nasiona. (Ade)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini