Home Advertorial OJK: Penciptaan Lapangan Kerja Kunci Pemulihan Ekonomi
Advertorial - Asuransi - Headline - Keuangan - Perbankan - November 24, 2020

OJK: Penciptaan Lapangan Kerja Kunci Pemulihan Ekonomi

KNews.id- Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan, penciptaan lapangan kerja di sektor sekunder menjadi kunci pemulihan ekonomi nasional disamping masih kuatnya sektor jasa keuangan.

Menurutnya, disamping likuiditas perbankan yang sangat kuat, sektor sekunder juga menjadi salah satu leading indikator karena memiliki multiplier effect yang besar dalam pemulihan dunia usaha.

“Perbankan dan pasar modal siap, suku bunga tinggal masalah waktu. Tapi, suku bunga kredit bukan masalah utama,bagaimana demand produk yang di-generate oleh korporat tadi bisa ada, itu lebih penting. Nah, untuk pengungkitnya orang yang bekerja tadi bisa jadi sumber pertumbuhan di sektor sekunder,” jelas Wimboh pada diskusi virtual di Jakarta, Selasa 24 November 2020.

Wimboh menambahkan, suku bunga kredit sudah berangsur turun seiring dengan langkah Bank Indonesia (BI) yang  menurunkan suku bunga acuan di 3,75%. Namun diakuinya, penyaluran kredit kurang cepat sehingga belum bisa mendongkrak permintaan di kebutuhan sekunder masyarakat. Adapun berdasarkan data OJK, pertumbuhan kredit masih sangat minim di 0,12% (YoY) pada September 2020.

Wimboh menilai, likuiditas di industri perbankan tidak terlalu mengkhawatirkan. Pasalnya, sejauh ini likuiditas masih mencukupi, hal itu terlihat dari pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) yang ada di perbankan masih tumbuh 12,88% pada September 2020. Sebagai informasi saja, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) hingga Agustus 2020 sebanyak 29,12 juta orang (14,28%) penduduk usia kerja terdampak Covid-19.

Angka itu terdiri dari pengangguran karena Covid-19 sebanyak 2,56 juta orang, Bukan Angkatan Kerja (BAK) karena Covid-19 sebanyak 760 ribu orang, sementara tidak bekerja karena Covid-19 sebanyak 1,77 juta orang, dan penduduk bekerja yang mengalami pengurangan jam kerja karena Covid-19 mencapai 24,03 juta orang.  (FHD)

Baca Juga   Anggota DPRD DKI, Anak Buah Prabowo Menggunakan Mobil Plat Kemenhan, untuk Apa?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Pengamat: Desas-desus NKRI Dikavling AS dan China

KNews.id- Berkembang desas-desus tentang NKRI bakal dikavling oleh dua kekuatan dunia. AS …