spot_img
Kamis, Mei 2, 2024
spot_img

OJK: Kredit Pemerintah dan Kredit Konsumsi Masih Mampu Tumbuh

KNews.id- Di tengah tekanan akibat pandemi Covid-19, penyaluran kredit perbankan juga ikut tertekan. Merujuk data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga Oktober 2020, kredit yang disalurkan perbankan terkontraksi minus 0,47% secara tahunan menjadi Rp5.480,3 triliun.

Meski begitu, jika dilihat berdasarkan kategori, kredit pemerintah dan kredit konsumsi masih mampu mencatatkan pertumbuhan. Kredit pemerintah tumbuh masih 0,74% secara tahunan menjadi Rp532,6 miliar dan kredit konsumsi tumbuh 0,09% menjadi Rp1.536,5 triliun.

- Advertisement -

“Sumber pertumbuhan yang ada lebih banyak didorong oleh consumption. Karena, sekarang ini lebih banyak kredit juga didorong oleh UMKM (usaha mikro kecil dan menengah),” kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dalam acara Outlook Perekonomian Indonesia secara daring di Jakarta, Selasa, 22 Desember 2020.

Menurutnya, kredit di sektor korporasi masih mengalami kendala karena mereka masih banyak yang belum menggenjot produksinya secara full akibat demand masyarkat yang belum maksimal. “Bahkan ketika kita masuk ke perusahaan-perusahaan komersil dan korporat besar masih wait and see karena masih belum bisa menggenjot produksinya,” ucap Wimboh.

- Advertisement -

Sementara itu, lanjutnya, dari sisi permodalan dan likuiditas industri perbankan masih cukup baik.

“Dari sisi supply tidak ada masalah, likuiditas cukup, permodalan cukup, semua proses dipermudah tidak ada kesulitan, bahkan untuk UMKM diberikan subsidi,” ujarnya. (AHM)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini