spot_img
Selasa, April 30, 2024
spot_img

OJK: Kredit Mulai Tumbuh, Ekonomi Menunjukan Perbaikan

KNews.id- Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengungkapkan bahwa indikator-indikator ekonomi sampai dengan penghujung kuartal II/2021, menunjukkan tren perbaikan. Hal tersebut disampaikan usai rapat dewan komisioner OJK.

“Meningkatnya mobilitas masyarakat pada kuartal II/2021 mendorong kenaikan permintaan yang berpengaruh pada kredit yang mulai mencatatkan pertumbuhan cukup tinggi di Juni 2021 sebesar 1,83% (ytd), sehingga prediksi pertumbuhan ekonomi di kuartal II/2021 sebesar 7% dapat tercapai,” jelas Wimboh pada keterangannya, Rabu, 4 Agustus.

- Advertisement -

Meskipun demikian, aktivitas masyarakat kembali tertahan akibat meningkatnya kasus aktif Covid-19 pada Juni 2021. Hal ini tercermin dari turunnya kenaikan aktivitas masyarakat dari 6,7% (Mei 2021) menjadi 5,2%. Pembatasan aktivitas ini berpotensi sedikit berpengaruh terhadap prediksi semula.

Keberhasilan serta efektivitas pelaksanaan PPKM level 4 menjadi kunci agar pertumbuhan ekonomi bisa dipertahankan. Selain itu, peningkatan distribusi dan pelaksanaan vaksinasi Covid 19, serta meningkatnya kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan, juga berperan untuk mengakselerasi pemulihan aktivitas ekonomi masyarakat ke depan.

- Advertisement -

Wimboh melanjutkan, pertumbuhan ekonomi saat ini masih ditopang oleh sektor konsumsi yang sangat tergantung dari mobilitas masyarakat. Untuk itu, ruang sumber pertumbuhan ekonomi baru yang lebih sustain selain sektor konsumsi, perlu di buka. Tujuannya agar menyerap tenaga kerja dan beriorientasi ekspor sehingga ekonomi dapat tumbuh lebih stabil dan berkesinambungan. (Ade)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini