spot_img
Selasa, Mei 7, 2024
spot_img

OJK: Kredit Hanya Tumbuh 1,49%, Bank BUKU III Paling tertekan

KNews.id- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat masih adanya perlambatan pertumbuhan kredit perbankan. Tercatat hingga semester I-2020 kredit hanya tumbuh 1,49% atau lebih rendah dibanding pertumbuhan bulan Mei 2020 yang mampu masih tumbuh 3,04%.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso bahkan menyebut, pada bulan Juni 2020 merupakan kondisi tertekannya penyaluran kredit perbankan akibat pandemi covid-19.

“Kita sadar, penurunan ini harapan kita hanya sementara. Harapan kita juga setelah ekonomi tumbuh perusahaan bisa bangkit,” kata Wimboh dalam video conference mengenai perkembangan sektor jasa keuangan di Jakarta, Selasa (4/8).

Hingga semester I-2020, kata dia, penurunan kredit paling dalam terjadi pada Bank BUKU 3 dengan penurunan kredit hingga -2,25%, sedangkan Bank BUKU 4 masih tumbuh 2,88%. Sementara itu, untuk Bank BUKU 1 terlihat kredit masih tumbuh 3,94%, sedangkan untuk bank BUKU 2 kredit mampu tumbuh 4,81%.

Wimboh menambahkan, dari sisi segmennya, kredit yang tertekan terjadi pada Kredit Modal Kerja (KMK) yang masih terkontraksi hingga -1,3%. Sementara untuk kredit Investasi masih tumbuh 5,6% dan untuk Kredit Kontruksi masih tumbuh 2,3%.

Wimboh berharap kondisi tersebut akan pulih seiring dengan bangkitnya ekonomi nasional yang diperkirakan masih dapat tumbuh seiring dengan pelonggaran aktifitas masyarakat masa new normal. (FHD)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini