spot_img
Sabtu, April 27, 2024
spot_img

OJK: Kondisi Bumiputera sudah sangat Berat!

KNews.id- Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Riswinandi mengatakan kondisi kesehatan keuangan perusahaan PT Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera (AJBB) 1912 sudah sangat berat.

Oleh sebab itu, upaya penyehatan asuransi Bumiputera tidak bisa diselesaikan dengan cara menjual polis secara komersil seperti biasa.

- Advertisement -

“Kondisi keuangan sudah berat, mereka tetap mengajukan secara komersil biasa, menurut kita ini gak mungkin selesai kasusnya kalau caranya kayak gini,” kata Riswinandi, dalam Rapat Kerja dengan Komisi XI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/2).

Riswinandi mengatakan, upaya penyehatan itu harus kembali ke anggaran dasar perusahaan, di mana pemegang polis bertindak sebagai pemilik dari perusahaan tersebut.

- Advertisement -

“Restrukturisasi penyehatannya harus kembali ke anggaran dasar. Anggaran dasarnya adalah pemegang polis perusahaan adalah pemilik perusahaannya, mereka belum mau melaksanakannya,” kata Riswinandi.

Sebagai gambaran, total aset perusahaan sampai dengan Desember 2021 mencapai Rp 10,7 triliun. Hanya saja, aset tersebut tidak diimbangi dengan total kewajiban (liabilites) senilai Rp 32,63 triliun.

- Advertisement -

“Jadi ada defisit sekitar Rp 21,9 triliun,” ucapnya.

Di sisi lain, dilihat dari indikator kesehatan perusahaan asuransi pada umumnya, Bumiputera jauh di bawah syarat.

Hal ini terlihat dari rasio kecukupan investasi yang mencapai 12%, jauh dari yang seharusnya 100%. Sedangkan, rasio likuiditas sebesar 16% dari yang harusnya minimal 100%. (Ade/cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini