spot_img
Sabtu, Mei 4, 2024
spot_img

OJK: BPD Lebih Memiliki Daya Tahan Hadapi Pandemi

KNews.id- Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menilai, kinerja Bank Pembangunan Daerah (BPD) lebih memiliki daya tahan dalam menghadapi pandemi covid-19. Hal tersebut tercermin dari pertumbuhan kredit BPD hingga Oktober 2020 masih sebesar 4,99% secara tahunan (YoY). Angka tersebut lebih baik dari angka kredit nasional yang masih tumbuh negatif 0,47%.

“BPD merupakan kelompok bank yang ternyata lebih memiliki daya tahan dalam menghadapi kondisi pandemi dengan pertumbuhan kredit positif 4,99% YoY sementara secara year to date juga masih tumbuh positif 3,29%,” kata Wimboh melalui konfrensi pers virtual di Jakarta, Selasa 8 Desember 2020.

- Advertisement -

Tak hanya itu, menurutnya. likuiditas BPD masih sangat kuat dan terjaga berkat kerjasama antara BPD dan Pemerintah Daerah (Pemda). Terlebih kas keuangan Pemda masih dikelola oleh BPD antar daerah.

Wimboh menambahkan, kondisi NPL BPD juga masih terjaga pada level 3,09% secara gross masih lebih stabil bila dibandingkan dengan angka NPL industri perbankan di level 3,15%. Dengan begitu Wimboh menekankan untuk seluruh direksi BPD agar tetap mematuhi aturan yang berlaku untuk menjaga kinerja masing masing.

- Advertisement -

“Junjung tinggi aturan dan integritas ini pertama yang harus digarisbawahi,” tukas Wimboh. (AHM)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini