spot_img
Kamis, Mei 9, 2024
spot_img

Niat Sholat Maghrib Sendiri dan Berjamaah Latin Lengkap dengan Artinya

KNews.id – Sholat Maghrib merupakan salah satu dari lima waktu sholat yang wajib bagi umat Muslim. Sholat Maghrib merupakan salah satu dari lima waktu sholat yang wajib bagi umat Muslim. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail tentang niat sholat Maghrib lengkap dengan langkah-langkah sholatnya.

Dalam menjaga keteraturan ibadah sholat, niat merupakan langkah awal yang harus dilakukan sebelum memulai pelaksanaan. Begitu pula saat melaksanakan sholat Maghrib, niat yang tulus dan benar adalah fondasi yang kuat bagi ibadah kita. Dengan memahami pentingnya niat sholat Maghrib, kita dapat meningkatkan kualitas ibadah dan meraih keberkahan yang Allah SWT janjikan kepada hamba-Nya yang beribadah dengan sungguh-sungguh.

- Advertisement -

Niat Sholat Maghib Sendiri

“Ushallii fardhal maghribi tsalaatsa raka’aatin mustaqbilal qiblati adaa’an lilaahi ta’aalaa.”

- Advertisement -

Artinya: Saya (berniat) mengerjakan sholat fardhu maghrib tiga raka’at dengan menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.

Niat Sholat Maghib sebagai Imam

- Advertisement -

“Ushallii fardhal maghribi tsalaatsa raka’aatin mustaqbilal qiblati imaaman lilaahi ta’aalaa.”

Artinya: Saya (berniat) mengerjakan sholat fardhu maghrib tiga raka’at dengan menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta’ala.

Niat Sholat Maghrib sebagai Makmum

“Ushallii fardhal maghribi tsalaatsa raka’aatin mustaqbilal qiblati makmuuman lillaahi ta’aalaa.”

Artinya: Saya (berniat) mengerjakan sholat fardhu maghrib tiga raka’at dengan menghadap kiblat sebagai makmum, karena Allah Ta’ala.

Tata cara sholat maghrib

1. Baca niat sholat maghrib

2. Membaca Takbiratul Ihram

“Allahu Akbar”

Artinya: Allah Maha Besar

3. Membaca Doa Iftitah

Allahu akbar kabiiraa wal hamdu lillahi katsiiraa washub-haanallahi bukratan wa ashiilaa. Inni wajjahtu wajhiya lilladzii fatharassa maawaati wal ardla haniifan musliman wamaa anaa minal musyrikiina. Inna shalaatii wanusukii wamahyaaya wama maati lillahi rabbil aalamiina. Laasyriika lahu wabidzaalika umirtu wa anaa minal muslimin.

Artinya: “Allah Maha Besar lagi sempurna Kebesaran-Nya, segala pugi bagi-Nya dan Maha Suci Allah sepanjang pagi dan sore. Kuhadapkan muka hatiku kepada Dzat yang menciptakan langit dan bumi dengan keadaan lurus dan menyerahkan diri dan aku bukanlah dari golongan kaum musyrikin. Sesungguhnya shalatku ibadatku, hidupku dan matiku semata hanya untuk Allah seru sekalian alam. Tidak ada sekutu bagi-Nya dan dengan aku diperintahkan untuk tidak menyekutukan bagi-Nya. Dan aku dari gologan orang muslimin.

4. Baca Surat Alfatihah

Bismillahirrahmaanirrahiim. Alhamdu lillahi rabbil ‘aalamiin. Arrahmaanirrahiim. Maaliki yaumiddiin. Iyyaaka na’budu waiyyaaka nasta’iin. Ihdinash shirraathal musthaqiim. Shiraathal ladziina an’amta ‘alaihim. Ghairil maghduubi ‘alaihim waladl-dlaalliin.

Artinya : “Dengan nama Allah yang maha pengasih dan penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam. Yang maha pengasih dan penyayang. Yang menguasai hari kemudian. Pada-Mu lah aku mengabdi dan kepada-Mu lah aku meminta pertologan. Tunjukilah kami ke jalan yang lurus. Bagaikan jalannya orang-orang yang telah Engkau beri ni’mat. Bukan jalan mereka yang pernah Engkau murkai, atau jalannya orang-orang yang sesat.”

5. Baca Surat-surat Pendek dalam Alquram

Usai baca Alfatihah pada rakaat pertama dan kedua, disunahkan baca surat pendek atau ayat-ayat Al Quran.

6. Ruku

Membaca “Subhaana rabbiyal ‘adzhiimi wabihamdihi” (Artinya: Maha suci Tuhan Maha Agung serta memujilah aku kepada-Nya) 3 kali.

7. I’tidal

Membaca “sami’allaahu liman hamidah”

Artinya: Allah mendengar orang yang memuji-Nya

Pada saat itidal atau berdiri tegak disunnahkan untuk melafalkan doa berikut ini:

Rabbanaa lakal hamdu mil ussamawaati wamil ul ardli wamil u maa syi’ta min syai’in ba’du.

Artinya: “Ya Allah Tuhan kami, bagi Mu segala puji, sepenuh langit dan bumi, dan sepenuh barang yang Kau kehendaki sesudah itu.”

8. Sujud

Sembari membaca dengan membaca tasbih “Subhaana rabbiyal a’laa wabihamdihi” (Artinya: Maha Suci Tuhan, serta memujilah aku kepada-Nya) 3 kali.

9. Duduk antara dua sujud dengan membaca doa

Robbighfirlii warhamnii wajburnii warfa’nii warzuqnii wahdinii wa’aafinii wa’fuannii.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dosaku, belas kasihanilah aku, cukupkanlah segala kekurangan dan angkatlah derajatku, berilah rizki kepadaku dan berilah aku petunjuk dan berilah kesehatan kepadaku dan berilah ampunan kepadaku.”

10. Sujud Kedua

Pada sujud kedua, ketiga serta keempat dilalukan sama seperti pada saat sujud pertama, baik tata caranya hingga bacaannya.

11. Duduk Tasyahud/Tahiyat Awal dengan membaca doa

Attahiyyaatul mubaarakaatush sholawaatuth thayyibaatu lillaah. Assalaamu ‘alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullahi wabarakaatuh. Assalaaamu’alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish shaalihiin. Asyhadu allaa ilaaha illallah wa asyhadu anna Muhammadar rasuulullah. Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammad.

Artinya: “Segala kehormatan, keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan bagi Allah. Salam, rahmat dan berkah-Nya kupanjatkan kepadamu wahai Nabi (Muhammad). Salam (keselamatan) semoga tetap untuk kami seluruh hamba yang shaleh-shaleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad Adalah utusan Allah. Ya Allah! Limpahilah rahmat kapada Nabi Muhammad.”

12. Duduk tasyahud Akhir dengan membaca doa

Attahiyyaatul mubaarakaatush sholawaatuth thayyibaatu lillaah. Assalaamu ‘alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullahi wabarakaatuh. Assalaaamu’alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish shaalihiin. Asyhadu allaa ilaaha illallah wa asyhadu anna Muhammadar rasuulullah. Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammad. Kamaa shallaita ‘alaa sayyidina Ibraahima wa ‘alaa aali sayiidinaa Ibraahimm wabaarik ‘alaa sayyidina Muhammad wa’alaa aali sayyidina muhammad. Kamaa baarakta ‘alaa sayyidinaa Ibraahim fil’aala miina innaka hamiidun majiid.

Artinya: “Segala kehormatan, keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan bagi Allah. Salam, rahmat dan berkah-Nya kupanjatkan kepadamu wahai Nabi (Muhammad). Salam (keselamatan) semoga tetap untuk kami seluruh hamba yang shaleh-shaleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad Adalah utusan Allah. Ya Allah! Limpahilah rahmat kapada Nabi Muhammad. Sebagimana pernah Engkau beri rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan limpahilah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya. Sebagaimana Engkau memberi berkah kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Di seluruh alam semesta Engkaulah yang terpuji dan Maha mulia.”

13. Salam

seraya membaca “Assalaamu alaikum wa rahmatullah”

Artinya: Keselamatan dan rahmat Allah semoga tetap pada kamu sekalian

Demikian ulasan mengenai bacaan sholat lengkap latin dan artinya dari mulai bacaan niat sholat (subuh, duhur, ashar, maghrib, Isya) hingga tahiyat dan salam. Semoga bermanfaat! (RZ/SR)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini