spot_img
Jumat, Februari 23, 2024
spot_img

Niat Mandi Besar Setelah Haid dan Tata Caranya yang Benar

KNews.id – Niat mandi besar setelah haid dibaca sebelum membasuh air ke anggota tubuh. Pada dasarnya, mandi besar bertujuan untuk membersihkan diri dari hadats besar.
Dalil mandi besar tercantum dalam surah Al Maidah ayat 6,

وَإِن كُنتُمْ جُنُبًا فَٱطَّهَّرُوا۟

- Advertisement -

Artinya: “…dan jika kamu junub maka mandilah…”

Haid adalah peristiwa biologis wanita sebagai penanda bahwa organ reproduksinya sehat dan berfungsi, seperti disebutkan oleh Sayyid Abdurrahman bin Abdul Qadir Assegaf dalam Kitab Haid, Nifas, dan Istihadhah.

- Advertisement -

Bacaan Niat Wudhu dan Tayamum: Arab, Latin dan Artinya
Wanita yang haid dilarang untuk melakukan ibadah seperti salat dan puasa sebagaimana disebutkan dalam surah Al Baqarah ayat 222.

وَيَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلْمَحِيضِ ۖ قُلْ هُوَ أَذًى فَٱعْتَزِلُوا۟ ٱلنِّسَآءَ فِى ٱلْمَحِيضِ ۖ وَلَا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّىٰ يَطْهُرْنَ ۖ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ ٱللَّهُ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلتَّوَّٰبِينَ وَيُحِبُّ ٱلْمُتَطَهِّرِينَ

Artinya: “Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah: “Haid itu adalah suatu kotoran,” Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haid; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.”

Karenanya, muslimah yang haidnya telah selesai diwajibkan untuk mandi besar. Sebelum mandi mereka harus membaca niat yang mana termasuk ke dalam salah satu rukun mandi wajib.

Mengutip Fiqih Islam wa Adilatuhu susunan Wahbah Az-Zuhaili, niat adalah hal yang wajib dan tidak boleh terlewat. Dalam sebuah hadits, Nabi SAW bersabda:

“Sesungguhnya (sahnya) amal-amal perbuatan adalah hanya bergantung kepada niatnya, dan sesungguhnya setiap orang hanya akan mendapatkan apa yang diniatinya. Barangsiapa hijrahnya adalah karena Allah SWT dan Rasul-Nya, maka hijrahnya dicatat Allah SWT dan Rasul-Nya. Dan barangsiapa hijrahnya karena untuk mendapatkan dunia atau (menikahi) wanita, maka hijrahnya adalah (dicatat) sesuai dengan tujuan hijrahnya tersebut,” (HR Imam Bukhari, Muslim, Abu Dawud, dan lainnya).

Niat Mandi Besar Setelah Haid

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

Arab latin: Nawaitul ghusla lifraf il hadatsil akbari minal haidil lillahi ta’ala

Artinya: “Saya berniat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari haid karena Allah Ta’ala,”

Sebab Mandi Wajib bagi Wanita
Menurut buku Fikih Wanita Praktis karya Darwis Abu Ubaidah, ada beberapa penyebab yang mengharuskan wanita mandi wajib, antara lain sebagai berikut:

Berhubungan suami istri atau bertemunya dua khitan sekalipun air maninya tidak keluar
Keluarnya air mani dengan sebab apapun, baik karena mimpi, berhubungan badan, terangsang, atau sebab lainnya.

Selesai dari masa haid atau menstruasi

Selesai dari masa nifas, yaitu keluarnya darah dari kemaluan wanita setelah melahirkan
Wiladah, yaitu persalinan atau melahirkan. Termasuk ketika wanita mengalami keguguran, meskipun yang keluar hanya segumpal darah atau daging, baik tanpa cairan maupun berbentuk cairan
Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid.

Mengacu pada sumber yang sama, ada sejumlah tata cara khusus ketika melakukan mandi wajib setelah haid, antara lain sebagai berikut:

– Membaca doa niat mandi wajib setelah haid
– Membersihkan telapak tangan sebanyak 3 kali
– Membersihkan kotoran yang menempel di sekitar tempat yang tersembunyi dengan tangan kiri
– Setelah membersihkan kemaluan, cuci tangan dengan sabun dan bilas hingga bersih
– Berwudhu secara sempurna seperti ketika kita akan salat, dimulai dari membasuh tangan sampai     membasuh kaki.

– Memasukkan tangan ke dalam air, kemudian sela pangkal rambut dengan jari-jari tangan sampai menyentuh kulit kepala. Jika sudah, guyur kepala dengan air sebanyak 3 kali. Pastikan pangkal rambut juga terkena air.
– Bilas seluruh tubuh dengan mengguyur air. Dimulai dari sisi kanan lalu lanjutkan ke tubuh sisi kiri
Saat menjalankan tata cara mandi wajib setelah haid, pastikan seluruh lipatan kulit dan bagian tersembunyi ikut terkena air serta dibersihkan.

Itulah niat mandi besar setelah haid disertai penyebab dan tata caranya.
(Zs/Dtk)

- Advertisement -

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita

Terkini