spot_img
Minggu, Mei 19, 2024
spot_img

Niat, Doa dan Tata Cara Sholat Witir Lengkap

KNews.id – Umat Islam menyambut bulan puasa Ramadhan 2024 atau 1445 Hijriyah dengan memperbanyak ibadah di waktu siang maupun malam. Di malam hari, Muslim biasanya mengerjakan sholat tarawih berjamaah setelah sholat Isya.

Setelah sholat tarawih berjamaah atau sendiri, biasanya dilanjutkan dengan melakukan sholat witir. Sholat witir hukumnya sunah, tapi sunah yang sangat diutamakan. Dalam hadits dinyatakan:

- Advertisement -

يَا أَمَلَ الْقُرْآنِ أَوْتِرُوا فَإِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الوِتْرَ .

Yaa amalal qur-aani autiruu fa-innal laана yuhibbul witra.

- Advertisement -
“Hai para ahli Alquran, kerjakanlah sholat witir, sebab Tuhan itu Tunggal (Esa). Dia suka kepada bilangan witir (ganjil).”

Rakaat Sholat Witir

Waktu mengerjakan sholat witir sesudah sholat Isya sampai terbit fajar. Biasanya sholat witir itu dirangkaikan dengan sholat tarawih. Bilangan rakaatnya, 1 rakaat atau 3 rakaat, bisa juga 5, 7, 9 atau 11 rakaat.

Sholat witir itu boleh dikerjakan dua rakaat satu salam, kemudian ditambah satu rakaat dengan satu salam. Jumlah 11 rakaat itu telah cukup, dan inilah yang dikerjakan oleh Nabi Muhammad SAW sebagaimana dinyatakan oleh Aisyah Radhiyallahu anha.

- Advertisement -

“Tidaklah pernah Nabi Muhammad SAW melebihi sholat malam (witir) melebihi dari 11 rakaat.”

Pada bulan puasa Ramadhan setelah tanggal 15 Ramadhan, disunahkan pada rakaat yang terakhir dari witir, yakni sesudah i’tidal pada rakaat terakhir, disunnahkan membaca Qunut, dan sesudahnya lalu selesaikanlah sampai salam.

Doa Sesudah Sholat Witir

Allahumma innaa nas-aluka iimaanan daa-imaa, wanas-aluka qalban khaasyi’aa. Wanas-aluka ilman naafi’aa, wanas-aluka yaqina shaadiqaa. Wanas-aluka ‘amalan shaalihaa wanas-aluka diinan qayyimaa. Wanas-aluka khairan katsiiraa. Wanas-alukal ‘afwa wal- ‘aafiyata. Wanas-aluka tamaamal ‘aafiyati wanas-alukasy syukra ‘alal ‘aafiyatl wanas alukal ghinaa-a ‘anin naasi.

Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa sha- laatanaa, washiyaamanaa, waqiyaamanaa watakhsysyu’anaa, watadlarru’anaa, wata abbudanaa, watammim taqshiiranaa yaa al-lah yaa allah yaa allah, yaa arhamar raa-himiina, washallallaahu ‘alaa khairi khal qihi muhammadin wa ‘alaa aalihii washahbi hii ajmain. Walhamdulillaahi rabbil ‘aalamiin.

Artinya: Ya Allah ya Tuhan kami, kami memohon kepada-Mu (mohon diberi) iman yang langgeng, dan kami mohon kepada-Mu hati kami yang khusyuk, dan kami mohon kepada-Mu diberinya ilmu yang bermanfaat, dan kami mohon ditetapkannya keyakinan yang benar, dan kami mohon (dapat melaksanakan) amal yang shaleh, dan kami mohon tetap dalam agama Islam, dan kami mohon diberi kebaikan yang melimpah, dan kami mohon memperoleh ampunan dan kesehatan, dan kami mohon kesehatan yang sempurna, dan kami mohon mensyukuri atas kesehatan kami, dan kami mohon kecukupan. Ya Allah ya Tuhan kami, terimalah sholat kami, puasa kami, rukuk kami, dan khusyuk kami, dan pengabdian kami, dan sempurnakanlah apa yang kami lakukan selama sholat ya Allah, ya Allah Dzat Yang Maha Pengasih dan Penyayang.

Niat Sholat Witir 2 Rakaat

أصَلَّى سُنَّةَ الْوِتْرِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushaalli sunnatal witri rak’atain lilla ahi ta’aala. Allahu akbar.

Saya niat sholat sunah witir dua rakaat karena Allah Ta’ala.

Niat Sholat Witir 1 Rakaat

أصَلَّى سُنَّةَ الْوِتْرِ رَكْعَةً لِلَّهِ تَعَالَى

Ushalu sunnatal witri rak’atan lillaahi ta’aala. Allahu akbar.

Saya niat sholat sunah witir satu rakaat karena Allah Ta’ala.

(Zs/IQRA)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini