spot_img
Kamis, Mei 9, 2024
spot_img

Ngeri! SVB Effect Makin Menjadi, Kini Giliran Deutsche Bank Ditunggu Kolapsnya

Berita terkait pasar saham di hari Jumat adalah data terbaru yang bisa menggambarkan bagaimana kondisi industri perbankan global sejak kolapsnya SVB di awal bulan ini.

Pada minggu ini misalnya, publik melihat bagaimana Credit Suisse, bank terbesar kedua di Swiss, diakuisisi oleh pesaingnya, UBS, setelah harga sahamnya jeblok dan krisis likuiditas yang dialaminya, sebagai imbas dari SVB effect.

- Advertisement -

Lebih lanjut, turunnya saham Deutsche Bank ini juga dinilai sebagai dampak lanjutan dari kasus akuisisi Credit Suisse, yang menandakan masih rendahnya kepercayaan publik terhadap sistem industri perbankan global. Ini sekaligus memasuki minggu ketiga turunnya saham bank-bank Eropa, yang secara total drop hingga 4,2%.

Sekalipun penyelamatan Credit Suisse yang difasilitasi oleh pemerintah Swiss itu diyakini dapat menstabilkan pasar Eropa, dampak berkelanjutan dari krisis keuangan ini tampaknya masih sukar dibendung. Para pemilik obligasi sebesar USD17 miliar di Credit Suisse tidak tercakup dalam kesepakatan akuisisinya. Meninggalkan para pemilik obligasi itu tanpa jaminan yang jelas, yang kemudian semakin memperparah isu kepercayaan terhadap bank lainnya, seperti Deutsche Bank.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini