spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Negara ini Tak Diakui oleh Dunia, Salah Satunya Palestina

KNews – Negara ini tak diakui oleh dunia, salah satunya Palestina. Sekitar 195 negara terdaftar sebagai anggota organisasi antarbangsa terbesar di dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Dengan terdaftarnya negara di PBB, tentu akan lebih mudah menjalin hubungan diplomatik dan diakui oleh negara lain.  Sebuah negara bisa diakui oleh dunia berdasarkan dua kategori yakni de jure (kenyataan) dan de facto (sesuai hukum).

- Advertisement -

Namun hingga saat ini nyatanya masih ada sejumlah negara yang hanya diakui oleh satu atau hanya segelintir negara lain. Jika suatu negara tidak diakui secara penuh, akan sulit untuk bertindak dalam masalah membuat perjanjian dan hubungan diplomatik.

Pada umumnya suatu negara tidak diakui oleh satu atau beberapa negara karena hubungan politik dan geografis. Berikut 5 negara yang tidak diakui secara penuh di dunia yang dihimpun VIVA dari berbagai sumber.

- Advertisement -

Taiwan 

Awalnya negara Taiwan termasuk bagian dari Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Namun sejak tahun 1949, Taiwan memisahkan diri RRT dan sampai sekarang keberadaannya sebagai negara yang berbeda dengan RRT masih menimbulkan polemik.

Walaupun bukan anggota PBB, kemerdekaan Taiwan diakui oleh 22 negara PBB dan Tahta Suci Vatikan.

- Advertisement -

Kosovo

Berdasarkan Resolusi Keamanan PBB, Kosovo masih dianggap bagian dari negara Serbia.

Di sisi lain berdirinya Kosovo sebagai negara telah diakui 108 negara anggota PBB dan beberapa organisasi internasional lainnya. Mereka memerdekakan diri dari Serbia pada tahun 2008.

Siprus Utara

Keberadaan negara ini hanya diakui oleh Turki, yang menginvasi Siprus bagian utara pada tahun 1974.

Sementara negara-negara lain menganggap Siprus Utara masih bagian dari negara Siprus. Negara ini menguasai kurang lebih ? bagian pulau.

Israel 

Israel tidak diakui oleh anggota negara PBB dengan mayoritas pemeluk agama Islam antara lain Arab Saudi, Iran, Indonesia, Malaysia, Kuwait, serta Lebanon.

Negara Republik Demokratik Rakyat Korea (Korea Utara) juga tidak menganggap keberadaan negara Israel.

Palestina

Kemerdekaan Palestina diakui oleh 132 negara anggota PBB. Banyak negara yang tidak mengakui negara Palestina tetapi mengakui Organisasi Pembebasan Palestina sebagai wakil rakyat Palestina.

PBB sendiri menganggap Palestina sebagai entitas non-anggota dengan status pengamat. (RKZ/viva)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini