spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

NATO Waspada Saat Ukraina Menyerukan Zona Larangan Terbang untuk Cegah Rusia!

KNews.id- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken pada hari Jumat mengatakan NATO akan mempertahankan “setiap inci” wilayah anggota tetapi menekankan aliansi itu defensif, karena menteri luar negeri menolak seruan Ukraina untuk zona larangan terbang untuk memerangi invasi Rusia.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy telah menyerukan zona larangan terbang sejak invasi Moskow dimulai pada 24 Februari, dengan Rusia menembaki kota-kota dan membawa pertempuran ke pembangkit nuklir terbesar di Eropa.

- Advertisement -

Melansir Reuters, Jumat (4/3), Ukraina bukan anggota NATO, dan anggota aliansi itu, yang menteri luar negerinya bertemu di Brussel pada hari Jumat, khawatir akan terseret ke dalam perang dengan Rusia yang bersenjata nuklir.

“NATO akan mempertahankan semua sekutu dan wilayahnya dari serangan Rusia,” kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken saat tiba di Brussel, yang menjadi tuan rumah markas aliansi tersebut.

- Advertisement -

“Kami adalah aliansi defensif. Kami tidak mencari konflik. Tetapi jika konflik datang kepada kami, kami siap untuk itu dan kami akan mempertahankan setiap inci wilayah NATO.”

Kepala NATO menggemakan kecaman Blinken atas serangan Rusia terhadap warga sipil di Ukraina, bekas republik Soviet dan satelit Moskow yang ingin bergabung dengan Uni Eropa serta aliansi militer Barat.

- Advertisement -

Pihak berwenang Ukraina mengatakan pada hari Jumat bahwa pasukan Rusia merebut pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa setelah sebuah bangunan di kompleks Zaporizhzhia dibakar selama pertempuran sengit.

“Ini hanya menunjukkan kecerobohan perang ini dan pentingnya mengakhirinya dan pentingnya Rusia menarik semua pasukannya,” kata Sekretaris Jenderal Jens Stoltenberg.

Sementara beberapa negara menunjukkan kesediaan untuk membahas zona larangan terbang, mereka menjelaskan bahwa mereka tidak menganggapnya sebagai pilihan yang layak.

Menteri Luar Negeri Kanada Melanie Joly mengatakan bahwa garis merah NATO adalah untuk menghindari memicu konflik yang lebih luas. Kantor kepresidenan Prancis menggambarkan zona larangan terbang sebagai “permintaan yang sangat sah dan sangat sulit dipenuhi.”

Perdana Menteri Lithuania Ingrida Simonyte mengatakan seruan untuk melibatkan NATO ke dalam konflik militer sekarang adalah “tidak bertanggung jawab.”

Putin meluncurkan “operasi militer khusus” untuk menyingkirkan apa yang dia katakan sebagai pemerintah fasis Ukraina dan demiliterisasi negara itu. Zelenskiy mengatakan Moskow sedang mencoba untuk mencegah demokrasi liberal berkembang di perbatasan Rusia.

“Kami sekarang menyaksikan perang penuh di perbatasan kami, perang yang dilancarkan oleh Presiden Putin melawan Ukraina,” kata diplomat tinggi Uni Eropa menjelang pembicaraan terpisah blok itu pada Jumat.

“Kami akan mempertimbangkan segalanya. Semuanya tetap di atas meja,” kata Josep Borrell tentang sanksi lebih lanjut terhadap Rusia. (AHM/kntn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini