spot_img
Senin, Mei 6, 2024
spot_img

NATO Berencana Ekspansi ke Asia Pasifik, Ini Tanggapan Putin

KNews.id – Aliansi militer Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO disebut akan melakukan ekspansi ke kawasan Asia Pasifik sebagai upaya menggalang dukungan regional dengan negara-negara di kawasan ini. Sebagaimana diketahui, NATO saat ini tengah bersitegang dengan Rusia lantaran perang di Ukraina. Berbagai cara dilakukan untuk mempersempit ruang gerak Rusia di kancah internasional.

Anggota Partai Komunis Rusia Jenderal Viktor Sobolev menyebut, dalam melakukan ekspansi di kawasan Asia Pasifik, NATO yang dipimpin oleh Amerika Serikat itu akan ‘mengincar’ Jepang dan Korea Selatan untuk bergabung. Sebab, kedua negara tersebut dinilai memainkan peranan yang lebih besar di kawasan Asia Pasifik.  Tentu, langkah tersebut tidak akan terjadi dalam waktu dekat melainkan dalam waktu lima tahun ke depan.

- Advertisement -

“Kepemimpinan politik dan militer kita harus menanggapi hal ini dengan sangat serius, ini adalah ancaman yang nyata dan sangat nyata,” katanya dalam sebuauh saluran Telegram Rusia Taynaya Kantselyaria.

Adapun, komentar Sobolev muncul setelah Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov awal bulan lalu mengatakan bahwa NATO tengah berupaya menempatkan pasukan dan infrastruktur militernya di kawasan Asia Pasifik untuk menghalangi kekuatan regional. Sebelumnya, pada Agustus lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa NATO mungkin akan berintegrasi dengan AUKUS, pakta keamanan antara AS, Inggris, dan Australia.

- Advertisement -

Hal tersebut, kata Putin, seiring upaya Washington membentuk kembali kawasan Asia Pasifik untuk memenuhi kebutuhannya sendiri.

“Amerika Serikat tengah berupaya untuk memformat ulang sistem interaksi antar negara yang telah berkembang di kawasan Asia Pasifik,” kata Putin dilansir Reuters.

- Advertisement -

Menurutnya,  seruan untuk mengembangkan strategi IndoPasifik pada dasarnya ditujukan untuk bisa menciptakan asosiasi militer-politik yang dikendalikan oleh pihak Amerika Serikat. (Zs/IN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini