spot_img
Kamis, Mei 16, 2024
spot_img

Musim Kemarau, Jokowi Tiba-tiba Meminta Lockdown! Ada Apa?

KNews.id- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewanti-wanti jajaran menterinya untuk mewaspadai musim kemarau yang akan terjadi dalam beberapa bulan ke depan.

Peringatan tersebut disampaikan Jokowi saat memberikan pengarahan dalam Sidang Kabinet Paripurna yang digelar di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

- Advertisement -

“Hati-hati mengenai musim kemarau,” kata Jokowi, seperti dikutip Selasa (10/5).

Jokowi mengatakan musim kemarau dapat memicu kebakaran hutan dan lahan. Jokowi tak ingin lagi aparat tidak siap dalam menghadapi ancaman musim kemarau yang berpotensi menyebabkan kebakaran hutan dan lahan.

- Advertisement -

Selain itu, Jokowi juga menyoroti mengenai penyakit kuku dan mulut. Jokowi secara khusus meminta kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk melakukan sejumlah langkah antisipasi.

“Saya minta ini Menteri Pertanian, segera dilakukan lockdown zonasi, lockdown di wilayah, sehingga mutasi ternak dari satu tempat ke tempat yang lain,” kata Jokowi.

- Advertisement -

“Atau pergerakan ternak dari kabupaten ke kabupaten, apalagi provinsi ke provinsi betul-betul bisa dicegah.,” jelasnya.

Selain itu, Jokowi juga menginstruksikan aparat kepolisian turut serta dalam menjaga pergerakan hewan ternak dari sejumlah daerah-daerah yang sudah dinyatakan penyakit mulut dan kuku.

“Bentuk satgas, sehingga jelas siapa yang nanti bertanggung jawab,” tegasnya. (AHM/cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini