spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

Muncul Desakan NasDem Keluar dari Kabinet, Wasekjen Singgung Partai Tak Berkeringat

KNews.id-Wakil Sekretaris Jenderal Partai NasDem, Hermawi Taslim, menanggapi suara-suara yang mendesak partainya keluar dari kabinet Joko Widodo. Desakan ini muncul setelah NasDem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Capres 2024.

Hermawi menuturkan NasDem berkomitmen mengawal kabinet Joko Widodo dan Ma’ruf Amin hingga usai di 2024. “Kalau ada suara yang mengatakan NasDem harus keluar dari kabinet, apa relevansinya? Kita kan berkomitmen mengawal Jokowi-Ma’ruf sampai akhir,” kata dia saat dihubungi, Senin, 10 Oktober 2022.

- Advertisement -

Hermawi mempertanyakan partai-partai yang malah bersebrangan dengan kabinet, namun tidak dipersoalkan. Menurutnya, ada kesalahan berpikir jika pihak tertentu mendesak NasDem untuk keluar dari kabinet. “Kenapa yang tidak berkeringat tidak dipersoalkan? Kenapa partai-partai yang selama ini ada di seberang, dulu lawan kita, kenapa tidak dipersoalkan? Nah ini kan miss semua cara berpikirnya,” kata dia.

Hermawi memastikan pendeklarasian Anies Baswedan oleh NasDem tidak akan mengganggu kinerja kader partai di kabinet. Ia mencontohkan Menteri Komunikasi dan Informatika yang merupakan kader NasDem, yakni Johnny G. Plate. Di hari deklarasi Anies, kata Hermawi, Johnny datang ke NasDem Tower, Menteng, Jakarta Pusat. Namun, Ketua Umum NasDem, Surya Paloh, meminta Johnny untuk kembali dan mengikuti sidang kabinet.

- Advertisement -

Hermawi mengatakan saat itu Surya menjelaskan bahwa Johnny sudah diwakafkan untuk pemerintah. “Bahkan waktu deklarasi itu Johnny Plate, Sekjen NasDem, masih menghadiri sidang kabinet. Kita enggak ada relevansinya kita ganggu pemerintahan. Apa hubungannya?” kata dia.

Sejumlah orang yang mengaku sebagai relawan Jokowi tiba-tiba berkumpul dan memprotes dukungan Partai NasDem terhadap Anies Baswedan sebagai Capres 2024. Mereka berkumpul dan membuat surat terbuka untuk Jokowi di N Hotel, yang hanya berjarak beberapa meter saja di depan Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

- Advertisement -

“Saudara Anies Baswedan adalah salah satu figur yang diketahui publik sangat kental dengan politik identitas,” kata Fredi Moses Ulemlem, advokat yang juga salah satu relawan yang hadir saat membacakan surat terbuka, Senin, 10 Oktober 2022. (Ach/Tmp)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini