spot_img
Kamis, Mei 2, 2024
spot_img

Mulai Hari Ini, Semua KRL dari Bekasi tidak ada yang Menuju Jakarta Kota!

KNews.id- Adanya switch over kelima (SO-5) Stasiun Manggarai, KAI mengungkapkan pergantian jalur pola perjalanan KRL Jabodetabek. Terutama jalur perjalanan KRL Bekasi yang biasanya menuju Jakarta Kota kini telah tiada terhitung mulai Sabtu besok (28/5).

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba menjelaskan pola KRL Bekasi/Cikarang mengalami perubahan menjadi dua pola jalur perjalanan. KRL Bekasi kini, lanjut Anne, hanya menuju Manggarai – tanah abang-kampung bandan atau Bekasi menuju Pasar senen – Kampungbandan – Tanah Abang.

- Advertisement -

“Perjalanan KRL Bekasi yang dahulu menuju Jakarta Kota, kini berubah menjadi dua pola yaitu secara full racket (looping) dan half racket,” ujar Anne dalam keterangan rilis resminya, Jumat (27/5).

Adapun rincian kedua polanya, berdasarkan keterangan Anne, sebagai berikut:

- Advertisement -
  1. Full Racket (Looping) 
  2. a) KRL berangkat dari Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai – Kampung Bandan – Pasar Senen – Jatinegara – hingga kembali lagi ke Bekasi/Cikarang;
  3. b) Kemudian KRL dari Cikarang/Bekasi bisa juga menuju ke Jatinegara – Pasar Senen – Kampung Bandan – Manggarai – Jatinegara – dan kembali lagi ke Bekasi/Cikarang;
  4. Half Racket 
  5. a) KRL mulai berangkat dari Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai – Tanah Abang – Kampung Bandan (pulang dan pergi)
  6. b) KRL dari Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai – Tanah Abang – Angke (pulang dan pergi)

Selain itu Anne juga mengungkapkan adanya perubahan kecepatan KRL setelah SO-5 ini untuk jalur keberangkatan dari Bekasi/Cikarang yang dahulu memiliki kecepatan 70 km/jam.

Akan tetapi kecepatan maksimal pada perjalanan lintas Jatinegara – Kampung bandan via Pasar Senen maupun via Manggarai tidak mengalami perubahan.

- Advertisement -

“Kecepatan pada Lintas Cikarang mengalami peningkatan menjadi 95 Km/Jam dengan headway perjalanan KRL satu menit sampai dengan tujuh menit,” kata Anne.

Sebelumnya, Ditjen Perkeretaapian (DJKA) bakal melanjutkan pembangunan Stasiun Manggarai. Hal ini menyebabkan rute KRL kembali berubah. Proses perubahan rute (Swith Over) dimulai pada 27 Mei hingga 28 Mei. Oleh karena itu, mulai 28 Mei, rute KRL akan berubah sementara.

“Pola operasi KRL Commuter Line akan mengalami perubahan yang cukup signifikan untuk Bogor Line dan Bekasi/Cikarang Line,” kata Anne Purba dalam keterangan tertulis pada Sabtu kemarin (21/5). (Ade/idx)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini