spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Muhammadiyah Membantah Tudingan KH Said Aqil Salafi Sumber Teroris

KNews.id- Muhamamdiyah membantah pernyataan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj yang menuding salafi sebagai sumber terorisme.

“Salafi itu bukan mazhab yang monolitik. Ada banyak varian di dalamnya. Kalau ada teroris yang berpaham Salafi, tidak berati salafiyah identik dengan terorisme. Jika ada teroris yang beragama Islam, tidak berarti Islam mendorong terorisme,” kata Ketua PP Muhammadiyah Syafiq Mughni, Rabu (31/3).

- Advertisement -

Syafiq mengatakan, gerakan terorisme bisa muncul dari berbagai faktor di antaranya politik, ekonomi dan lain sebagainya.

“Jika ada teroris berbangsa Indonesia, tidak berarti bangsa Indonesia itu teroris. Terorisme bisa masuk melalui pintu agama, ideologi, politik, etnisitas, ekonomi, dan lain-lain. Berwacana memerlukan logika, tidak sekedar retorika,” ungkapnya.

- Advertisement -

Kata Syafiq, Muhammadiyah memandang perbedaan mazhab sebagai kekayaan yang dikelola untuk kemajuan.

“Pilihan Muhammadiyah untuk tidak bermazhab misalnya Salafi atau Wahabi menjadikannya berpikir lebih jernih karena tidak terbebani sebagai stigma sektarianisme,” ungkapnya.

- Advertisement -

Sebelumnya, Ketua Umum PBNU Said Aqil berbicara mengenai strategi untuk menghabisi jaringan terorisme. Said Aqil menyebut pemberantasan jaringan terorisme dilakukan harus dari benihnya atau pintu masuknya ajaran ekstremisme, yaitu ajaran Wahabi.

“Ini artinya, kalau kita benar-benar sepakat, benar-benar kita satu barisan ingin menghabisi jaringan terorisme, benihnya dong yang harus dihadapi. Benihnya, pintu masuknya yang harus kita habisi. Apa? Wahabi, ajaran Wahabi itu adalah pintu masuk terorisme,” kata Said Aqil dalam webinar ‘Mencegah Radikalisme dan Terorisme untuk Melahirkan Keharmonisan Sosial’ yang disiarkan di YouTube TVNU Televisi Nahdlatul Ulama, Selasa (30/3). (AHM/SN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini