spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Momen Jusuf Hamka ‘Dikeplak’ Basuki Hadimuljono Saat Sebut Sumber Duit Tol Cisumdawu dari Bank Ucup

KNews.id – Ada momen menarik saat bos jalan tol M Jusuf Hamka dikeplak Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono ketika meninjau persiapan akhir Tol Cisumdawu.

Jusuf Hamka mendampingi Menteri PUPR meninjau rest area sementara Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan di Seksi 4B Legok, Kilometer 194+400.

- Advertisement -

“Makasih, makasih,” kata Basuki saat memeluk Jusuf Hamka, lantaran Jalan Tol Cisumdawu selesai sesuai dengan target dan dapat dioperasikan fungsional dari Cimalaka ke Kertajati.

Dalam kesempatan itu, Jusuf Hamka sempat menimpali bahwa percepatan pembangunan juga tidak lepas dari peran Basuki Hadimuljono yang teru menerus memantau progres konstruksi.

- Advertisement -

“Berkat Pak Menteri semua jadi on time,” kata Jusuf Hamka, memuji peran dari Basuki Hadimuljono dalam pembangunan jalan tol sepanjang kurang lebih 62 kilometer itu.

Ditegaskan oleh Babah Alun, bahwa PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) adalah satu-satunya perusahaan yang walaupun dapat kredit bank, tetapi belum dipakai sepeser pun untuk proses pembangunan.

- Advertisement -

“Sepeser pun belum dipakai untuk pembangunan,” kata Jusuf Hamka menandaskan, yang langsung ‘dikeplak’ menteri PUPR pakai gulungan kertas seraya melayangkan senyum lebar.

Saat ditanya dari mana sumber uang untuk pembangunan jalan tol itu, Jusuf Hamka kembali berkelakar: “Bang Ucup,” selorohnya, yang disambut tawa oleh mereka di sekitar lokasi.

Sebelumnya, Jalan Tol Cisumdawu telah dibuka untuk mudik sekitar pukul 08.00 WIB, dengan pengawalan oleh Polres Sumedang dan Polda Jawa Barat (Jabar) tepatnya di perbatasan Seksi 3 dan 4, Cimalaka.

Kasubdit Regident Ditlantas Polda Jawa Barat (Jabar), AKBP M Rano Hadiyanto menjelaskan, untuk pertama kalinya Tol Cisumdawu dibuka pada pagi hari ini pukul 08.00 sampai dengan 15.00 WIB.

“Karena ini baru dibuka, masyarakat agar berhati-hati. Perhatikan rambu lalu lintas di sepanjang tol yang fungsional ini,” kata Rano, didampingi Kapolres Sumedang, AKBP Indra Setiawan.

Sebelum dibuka, Tol Cisumdawu Seksi 4 sampai dengan 6 dilakukan pengecekan terlebih dahulu. Setelah dinyatakan aman, kemudian kendaraan dipersilakan melintas.

“Perhatikan rambu, nanti ada rest area yang lokasinya di sebelah kanan. Jadi ketika mau belok, harus hati-hati,” tandas AKBP Rano, dilansir dari publikasi Polres Sumedang, Minggu, 16, April 2023.

Setelah dibuka, sejumlah kendaraan dari arah Bandung ke Majalengka sudah langsung melintas. Ruas tol ini, bakal beroperasi untuk arus mudik dan balik. Dengan harapan dapat mengurangi kepadatan di jalur arteri.

Dengan pembatasan tersebut, diharapkan lalu lintas mudik dapat terkendali. Sedangkan untuk kendaraan dari arah Bandung yang hendak ke arah Jawa Tengah maupun lalu lintas Tol Cipali tidak terjadi kemacetan.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menambahkan, dari segi prasarana Tol Cisumdawu Seksi 4 sampai dengan 6 sudah siap untuk dimanfaatkan secara fungsional 2 lajur.

“Manajemen trafficnya dari bapak-bapak polisi yang akan mengatur lainnya. Gratis dari Cimalaka sampai Dawuan,” kata Menteri Basuki.

Diungkapkan Basuki, terdapat beberapa fasilitas yang diberikan kepada pengendara di sepanjang ruas yang fungsional. Diantaranya adalah rest area sementara di Kilometer 194+400 Seksi 4B Legok.

Rest area sementara itu, sudah dilengkapi lahan parkir, toilet, musala, tenda istirahat hingga tenan makanan dan minuman. Pengendara juga bisa mengisi BBM dari SPBU mobile yang disediakan oleh PT Pertamina.

“Termasuk ini ada rest area bisa 200 mobil, dan termasuk 2 pompa dari Pertamina. Saya kira saya akan serahkan ini kepada Korlantas untuk bisa dioperasikan,” kata Menteri Basuki.

Dari pantauan terkini, kendaraan dari arah Bandung saat ini sudah tembus ke Majalengka. Lewat Tol Cisumdawu Seksi 4 sampai dengan 6 atau Cimalaka ke Kertajati. (Hfz/RM)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini