spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Mobil Ini Bikin Rombongan Wapres Ngalah Beri Jalan, Ternyata Bawa Orang ‘Penting’

Rombongan mobil Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin disorot publik karena mengalah demi mendahulukan mobil ambulans yang lewat.

Konvoi rombongan Wapres yang tengah berada di jalan tol tersebut memilih untuk mengutamakan laju mobil ambulans yang membawa pasien di dalamnya.

- Advertisement -

Dalam video terlihat mobil yang mengawal Wakil Presiden biasanya diprioritaskan, namun saat itu memilih untuk memprioritaskan pengguna jalan lain.

“Rangkaian rombongan mobil Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin memberikan jalan serta mengutamakan Ambulans yang sedang membawa pasien untuk bisa jalan terlebih dahulu pada saat melintas di toll JL MT Haryono, depan RS Tebet Menjelang Menara Saidah beberapa waktu yang lalu,” tulis keterangan video.

- Advertisement -

Protokol pengamanan lalu lintas Presiden memang tidak sama dengan pengamanan lain. Pada umumnya, iring-iringan mobil Presiden harus didahulukan sesuai dengan kepentingannya.

Namun, Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) juga harus bisa menyesuaikan dengan keadaan darurat di lapangan.

- Advertisement -

“Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) selalu paham dalam Memilah Prioritas selama di perjalanan,” tulis keterangan video.

“Hal tersebut merupakan hal yang sudah sewajarnya dan sudah menjadi kewajiban bagi setiap pengguna jalan raya, sesuai dengan Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) dalam pasal 134, bahwa Kendaraan Ambulans yang membawa orang sakit wajib untuk didahulukan,” lanjut keterangan.

Rombongan mobil Wapres tampak berjalan beriringan di lajur yang sama sembari membiarkan mobil Ambulans lewat di lajur paling kiri. Lajur kiri memang dapat digunakan di situasi darurat.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini