3 mins read

MJM 2024: Bank Mandiri Terapkan Inisiatif Ramah Lingkungan untuk Kurangi Emisi Karbon

KNews.id – Jakarta, 8 Juli 2024 – Mandiri Jogja Marathon (MJM) 2024 sukses digelar dengan mengumpulkan 8.000 pelari dari 19 negara. Gelaran tahunan ini tidak hanya menjadi ajang olahraga, tetapi juga mencerminkan komitmen Bank Mandiri terhadap lingkungan melalui penerapan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) yang terus diperkuat.

Bank Mandiri melalui berbagai inisiatif yang dilaksanakan selama acara MJM 2024, berupaya mengurangi emisi karbon yang dihasilkan. Langkah ini sejalan dengan visi perseroan untuk menciptakan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat luas.

Corporate Secretary Bank Mandiri Teuku Ali Usman mengatakan, MJM 2024 menjadi wujud nyata dari komitmen Bank Mandiri terhadap keberlanjutan. Lewat serangkaian upaya yang dilakukan, pihaknya berharap dapat menginspirasi peserta dan masyarakat luas untuk lebih peduli terhadap lingkungan serta ikut andil mengurangi jejak karbon.

“Lebih dari event lari tahunan. Sekarang, MJM 2024 menjadi momentum bagi kami untuk mengenalkan rangkaian inisiatif keberlanjutan yang dilakukan serta pada saat yang sama mengajak masyarakat untuk ambil peran mengurangi emisi karbon untuk masa depan yang lebih baik,” ujar Ali dalam keterangan resminya, Senin (8/7).

Salah satu inisiatif ramah lingkungan yang dijalankan oleh Bank Mandiri selama event MJM 2024 adalah Shoes Donation Box, program donasi sepatu bekas untuk masyarakat yang membutuhkan. Inisiatif ini tidak hanya membantu sesama tetapi juga mengurangi limbah sepatu yang dapat menambah emisi karbon.

Selain itu, Bank Mandiri juga menyediakan tempat sampah yang dihias oleh seniman lokal Yogyakarta melalui program pilah sampah. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran peserta akan pentingnya memisahkan sampah dan mendukung daur ulang.

Seluruh atribut yang digunakan selama MJM 2024, termasuk bendera pacer, terbuat dari bahan yang dapat didaur ulang untuk meminimalisir jejak karbon. Bahkan, para pemenang MJM 2024 menerima suvenir Topi yang dibuat dari material daur ulang, sebagai simbol apresiasi dan komitmen Bank Mandiri terhadap lingkungan.

Tak cuma itu, sebagai bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), Bank Mandiri melaksanakan berbagai inisiatif peduli lingkungan di MJM 2024. Program bertajuk “Aksi Bersih Mandiri” melibatkan kolaborasi antara Bank Mandiri, masyarakat, komunitas, dan Mandirian untuk membersihkan 8 desa yang dilalui rute MJM 2024. Inisiatif ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat bagi masyarakat setempat.

Untuk mendukung pengurangan emisi karbon lebih lanjut, Bank Mandiri menyediakan Future Energy Box di area utama MJM. Platform ini terdiri dari Refreshment Area, Green Energy Zone, dan Education Center yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong penghematan energi di kalangan peserta dan pengunjung.

Di Race Village, Bank Mandiri juga menyediakan 4 unit solar charging station untuk smartphone. Inisiatif ini diharapkan dapat mendorong penggunaan energi terbarukan dan mengurangi ketergantungan pada energi fosil.

“Dengan rangkaian inisiatif ini, Bank Mandiri yakin dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan serta mendukung upaya global dalam mengurangi emisi karbon. Kami berkomitmen untuk terus melakukan inovasi dan berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan,” imbuhnya.

Bank bersandi bursa BMRI ini menegaskan, MJM 2024 kini tak hanya menjadi sekadar lomba lari tetapi juga momentum penting bagi Bank Mandiri untuk menunjukkan dedikasinya terhadap masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan. “Bank Mandiri mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan lingkungan demi generasi yang akan datang,” pungkas Ali.

(Zs/BMRI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *