spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Minyak Goreng Langka, Said Didu Menduga Ada Pengusaha Dibalik ini

KNews – Minyak goreng langka, Said Didu menduga ada pengusaha dibalik ini. Said Didu kembali angkat bicara perihal gonjang-ganjing minyak goreng di Indonesia. menurutnya, ada mafia yang bermain di balik kelangkaan ‘barang’ tersebut.

Semua dijelaskan dalam kultwit Said Didu melalui akun Twitter @saididu, panjang dan detail dia menjelaskan mengapa minyak goreng bisa selangka sekarang.

- Advertisement -

Dia menegaskan, semua yang terjadi saat ini murni karena bisnis dan adanya peluang atau celah. Tingginya disparitas antara Crude Palm Oil (CPO) non Domestic Market Obligation (DMO) dengan yang DMO, membuat mereka bermain.

Bahkan Said mengatakan dengan margin yang besar seperti ini, “malaikat” pun tergiur.

- Advertisement -

“#mafiamigor. Saat itu, perbedaan harga CPO antara CPO-DMO dg CPO non DMO sktr Rp.6.000/kg atau sktr 70%. Perbedaan minyak goreng juga sktr Rp.6.000/ltr atau sekitar 42%. “Malaikatpun” akan tergoda mengambil keuntungan dg perbedaan harga sebesar itu. Pertanyaannya siapa yg main?” tulis Said Didu, dikutip Hops.ID, Rabu, 23 Maret 2022.

Said pun katakan mengenai siapa saja bisa bermain di sini, dari pengecer, ritailer terlebih para produsen. Karena itu Said Didu yakin kelangkaan ini disebabkan adanya kebijakan perihal DMO yang mewajibkan produsen menjual CPO ke dalam negeri sebanyak 20%.

- Advertisement -

“#mafiamigor. Pemerintah saat itu menetapkan DMO CPO 20% atau sktr 9 jt ton/tnb jauh melebihi kbthn minyak goreng sktr 6 juta ton. Produksi minyak goreng per tahun skt 20 jt ton sementara konsumsi hanya sktr 5,7 juta ton. Bhn baku dan produksi lbh tapi knp migor langka?” tulis dia.

“mafiamigor. Analisa saya, kelangkaan migor saat itu bukan krn tdk ada barang tapi lbh baik menunda produksi, distribusi, dan penjualan CPO dan Migor utk kebutuhan DMO dan HET demi mendapatkan keuntungan antara 40-70%. Apakah hal tsb melanggar aturan?

Praktek tersebut yang Said Didu katakan strategi bisnis mereka disetiap tingkatan, perihal apakah itu melanggar hukum sangat sulit dibuktikan.

Melihat margin keuntungan yang tinggi, maka wajar menurut Said Didu mereka melakukan penundaan tersebut.

Ditambah sebenarnya dengan lemahnya pemerintah diberbagai aspek, khususnya dalam hal peraturan dan pengawasan.

“#mafiamigor. Dari uraian tsb menurut saya isu kelangkaan minyak goreng disebabkan karena ada pengusaha yg mengutamakan mencari untung yg mengabaikan kepentingan rakyat dg memanfaatkan kelemahan pemerintah dalam berbagai aspek – terutama aturan dan pengawasan,” ucap Said Didu. (RKZ/hops)

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini