spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

Militer AS Akui terdapat Latihan Militer China di LCS

KNews.id– Militer Amerika Serikat (AS) mengakui bahwa mereka telah memantau latihan angkatan bersenjata China di Laut China Selatan (LCS). Ini adalah kasus kedua dalam beberapa hari ketika Pentagon memantau militer China melakukan manuver yang dirancang untuk mencegah gerakan militer asing.

Ketika China melakukan latihan di Laut China Selatan, think tank South China Sea Probing Initiative yang berbasis di Beijing melaporkan pada Rabu bahwa pesawat pengintai RC-135S Angkatan Udara AS terbang bolak-balik melintasi selat Bashi.

Jalur air sensitif yang memisahkan Filipina dari Taiwan seperti juga perairan di sekitar Laut China Selatan. Tetapi terlepas dari protes China, AS terus menegakkan kehadirannya di kawasan strategis.

- Advertisement -

“Angkatan Laut AS memiliki 38 kapal yang sedang beroperasi hari ini di kawasan Indo-Pasifik, termasuk Laut China Selatan,” kata juru bicara Angkatan Laut AS Kapten John Gay.

“Kami terus terbang, berlayar, dan beroperasi di mana pun yang diizinkan oleh hukum internasional untuk menunjukkan komitmen kami terhadap Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka serta meyakinkan sekutu dan mitra,” imbuhnya seperti dilansir dari Newsweek, Kamis (27/8).

Gay menjelaskan bahwa Angkatan Laut AS sedang mengawasi.

“Pasukan kami terus memantau latihan di seluruh wilayah untuk memasukkan latihan PLA baru-baru ini,” ungkap Gay.

“Pasukan angkatan laut kami tetap siap untuk menanggapi setiap ancaman terhadap sekutu dan mitra kami di seluruh wilayah,” ucapnya.

- Advertisement -

Aksi “mengintip” diwartakan media China yang berafiliasi dengan Partai Komunis yang berkuasa, Global Times, dengan mengutip pendapat para ahli yang mengatakan bahwa langkah itu dapat dikaitkan dengan potensi peluncuran rudal balistik.

Mereka mengkritik langkah tersebut, terutama mengingat kejadian sehari sebelumnya, ketika militer China menuduh AS menerbangkan pesawat mata-mata U-2 di atas zona larangan terbang di dekat serangkaian latihan lain yang dilakukan oleh Komando Teater Utara PLA. Militer China menyebut penerbangan pengintaian AS itu sebuah pelanggaran.

“Tindakan itu secara serius melanggar kode etik untuk keselamatan pertemuan udara dan maritim antara China dan AS, serta norma internasional terkait dan dapat dengan mudah menyebabkan salah penilaian dan kesalahpahaman, atau bahkan menyebabkan kecelakaan udara dan laut,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan China Wu Qian.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengungkapkan poin yang sama pada konferensi pers di Beijing.

“Pelanggaran itu sangat mempengaruhi latihan normal dan kegiatan pelatihan China,” kata Zhao Lijian, dan dia meminta AS untuk segera menghentikan gerakan provokatif semacam itu dan mengambil tindakan nyata untuk menegakkan perdamaian dan stabilitas regional.

Pemerintahan Presiden Donald Trump telah secara resmi menolak klaim ekspansif China atas Laut China Selatan, rute utama lalu lintas komersial laut dan menjadi lokasi bagi cadangan minyak dan gas yang belum dimanfaatkan senilai triliunan dolar.

“Beijing telah mengupayakan reklamasi tanah yang merusak lingkungan dan militerisasi pos-pos terdepan yang disengketakan,” kata seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS.

“Ini telah menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada terumbu karang. Mereka juga menggunakan platform ini di Laut China Selatan sebagai platform paksaan terhadap tetangga mereka, memperluas jangkauan milisi maritim RRC dan kapal penegak hukum sipil, yang sering kali didukung oleh militer China, untuk mengintimidasi negara Asia Tenggara yang mengklaim hal yang sama dari mengakses sumber daya lepas pantai,” sambungnya.

Meski hubungan antara Beijing dan Washington memburuk, pejabat itu mengatakan masih ada jalan ke depan untuk meningkatkan kerja sama antara dua ekonomi teratas dunia.

“Kami mencoba untuk memiliki hubungan yang konstruktif mungkin untuk dimasukkan ke dalam ruang perdagangan dan sebaliknya,” kata pejabat Departemen Luar Negeri AS itu. (Ikh)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini