spot_img
Minggu, Mei 12, 2024
spot_img

Milisi Poros Bersenjata Targetkan AS dan Israel di Semua Front, dari Yaman, Irak, Hingga Lebanon

KNews.id – Faksi poros perlawanan bersenjata di Yaman, Irak, Suriah, dan Lebanon melakukan operasi pada 19 Oktober untuk mendukung Hamas dan pejuang perlawanan Palestina dalam perang mereka melawan Israel.

Dari Yaman, gerakan perlawanan Ansarallah menembakkan tiga rudal ke utara ke arah Israel, yang dicegat oleh kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat (AS).

- Advertisement -

Pekan lalu, Abdel-Malek al-Houthi, pemimpin Ansarallah, memperingatkan AS agar tidak melakukan intervensi dalam konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan Hamas.

Dia juga mengancam bahwa pasukannya akan membalas dengan menembakkan drone dan rudal.

- Advertisement -

AS telah memindahkan kapal perang dan pasukannya ke Mediterania timur sejak Hamas melancarkan serangan mendadak terhadap Israel pada 7 Oktober, yang disusul dengan pemboman berdarah Israel di Gaza.

Para pejabat AS mengatakan mereka ingin mencegah Hizbullah dan Iran memasuki konflik dengan berada di pihak Palestina.

- Advertisement -
Gambar yang diambil pada tanggal 6 Maret 2020 ini menunjukkan pemandangan tentara dan kendaraan militer AS di pangkalan militer yang digunakan oleh pasukan yang merupakan bagian dari intervensi militer internasional melawan ISIS di Rmeilan di provinsi Hasakeh, timur laut Suriah.Gambar yang diambil pada tanggal 6 Maret 2020 ini menunjukkan pemandangan tentara dan kendaraan militer AS di pangkalan militer yang digunakan oleh pasukan yang merupakan bagian dari intervensi militer internasional melawan ISIS di Rmeilan di provinsi Hasakeh, timur laut Suriah

Rentetan Rudal Sasar Pangkalan Militer di Irak

Sebelumnya pada Kamis (19/10/2023), rudal Grad menargetkan pangkalan udara AS di Ain al-Asad di provinsi Anbar, Irak barat, sebagaimana dikonfirmasi oleh sumber keamanan yang berbicara dengan Shafaq News.

“Pangkalan itu dihantam rentetan rudal,” kata sumber itu kepada Kantor Berita Shafaq.

Tindakan cepat oleh unit dari Komando al-Jazeera dan Badia (JBOC) dari Brigade ke-29, bagian dari Divisi ke-7 Pasukan Keamanan Irak, mengarah pada penemuan platform peluncuran rudal siap luncur.

“Mereka berhasil menetralisir dua rudal yang siap diluncurkan,” tulis laporan tersebut.

Selain itu, milisi perlawanan di Irak, yang terdiri dari faksi bersenjata Syiah, mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap pangkalan militer AS di Al-Tanf, Suriah, yang terletak di perbatasan Suriah, Yordania, dan Irak.

Kelompok tersebut mengungkapkan kalau mereka telah menargetkan pangkalan tersebut dengan tiga drone. Dalam pernyataannya, mereka menekankan kalau kendaraan udara tak berawak ini telah mencapai target yang dituju secara langsung dan akurat.

Drone juga menyerang fasilitas minyak di Suriah timur yang berfungsi sebagai pangkalan pasukan AS yang menduduki wilayah tersebut. Outlet media pro-oposisi, Deir Ezzor 24 mengatakan tiga drone berisi bahan peledak menghantam pangkalan militer AS di ladang gas Conoco di provinsi timur Deir Ezzor yang berbatasan dengan Irak.

Rami Abdurrahman dari Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris, sebuah lembaga pemantau perang, membenarkan kalau lima ledakan terdengar di ladang gas Conoco.

Tank Merkava Israel meluncur di jalan di pinggiran kota utara Kiryat Shmona dekat perbatasan dengan Lebanon pada 8 Oktober 2023. Hizbullah Lebanon dan Israel mengatakan mereka saling baku tembak lintas batas pada 8 Oktober, saat Israel melawan pejuang Hamas berada di sisi selatannya sehari setelah militan dari kelompok pejuang Palestina menyerbu perbatasan Gaza. (JALAA MAREY/AFP)Tank Merkava Israel meluncur di jalan di pinggiran kota utara Kiryat Shmona dekat perbatasan dengan Lebanon pada 8 Oktober 2023. Hizbullah Lebanon dan Israel mengatakan mereka saling baku tembak lintas batas pada 8 Oktober, saat Israel melawan pejuang Hamas berada di sisi selatannya sehari setelah militan dari kelompok pejuang Palestina menyerbu perbatasan Gaza

Pos Militer Israel di Lebanon Diserang Rudal

Juga pada hari Kamis, sebuah peluru kendali diluncurkan dari Lebanon selatan yang menargetkan pos terdepan militer Israel di pemukiman Menara (juga dikenal dengan nama Manara). Lapor koresponden Al-Mayadeen, membenarkan adanya dampak langsung atas serangan tersebut. Sementara itu, Channel 12 Israel melaporkan bahwa dua rudal anti-tank menargetkan Manara.

“Israel kemudian menembaki pinggiran kota Hula dan Mays al-Jabal (Lebanon),” tambah koresponden Al-Mayadeen. Serangan dari berbagai faksi poros perlawanan menyusul pidato juru bicara militer Hamas, Abu Obeida.

“Kami menyampaikan salam kepada orang-orang hebat kami di mana pun mereka berada, kepada para pejuang kami di semua arena, kepada para pejuang di semua lini, dan kepada massa pemberontak yang menolak agresi Zionis di seluruh penjuru bumi,” kata dia.

Abu Obeid juga menyampaikan, “Salam kepada setiap senapan, tangan, suara, dan pena yang melawan musuh kriminal ini.”  (Zs/Trbn)

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini