spot_img
Senin, Juni 17, 2024
spot_img

Miliarder India Harpal Randhawa Tewas dalam Kecelakaan Pesawat di Zimbabwe

KNews.id –  Seorang miliarder asal India, Harpal Randhawa dan putranya termasuk di antara 6 korban tewas dalam kecelakaan pesawat di Zimbabwe pada 29 September 2023.

Mengutip laman Gulf News, Senin (2/10/2023) Harpal Randhawa, pemilik perusahaan tambang RioZim, dilaporkan dalam penerbangan dari ibu kota Harare ke tambang berlian Murowa di barat daya Zimbabwe ketika pesawat itu jatuh pada tanggal 29 September 2023.

- Advertisement -
Laporan surat kabar Sunday Times yang dikelola negara itu menyebutkan bahwa pesawat yang diyakini milik RioZim, jatuh di daerah Zvamahande di Mashava.

Diantara enam penumpang yang tewas, adalah empat warga asing dan dua warga Zimbabwe, menurut keterangan polisi. Kecelakaan udara tersebut diduga disebabkan oleh kesalahan mekanis.

“Polisi Republik Zimbabwe melaporkan kecelakaan pesawat yang terjadi pada tanggal 29 September antara pukul 07.30 hingga 08.00, yang mengakibatkan enam orang dipastikan tewas,” demikian keterangan kepolisian setempat.

- Advertisement -

Mereka mengatakan bahwa “pesawat Zcam putih dan merah telah meninggalkan Harare menuju tambang pada pukul 6 pagi dan jatuh sekitar 6 km dari Mashava”.

RioZim, yang sebelumnya merupakan bagian dari grup pertambangan Inggris-Australia Rio Tinto, membenarkan adanya kecelakaan pesawat tersebut dan mengatakan pihaknya sedang bekerja sama dengan pihak berwenang terkait untuk mengumpulkan lebih banyak informasi.

- Advertisement -

Asisten Komisaris Paul Nyathi, juru bicara Kepolisian Republik Zimbabwe. mengatakan kepada media lokal bahwa mereka masih dalam proses mengumpulkan rincian tambahan.

Ucapan Belasungkawa

Jurnalis dan pembuat film Hopewell Chin’ono mengatakan dia “sangat sedih” atas meninggalnya Randhawa.

“Dia sangat murah hati dalam memberikan nasihat hidup, dan sangat rendah hati terhadap orang kaya. Melalui dia saya bertemu banyak orang di dunia bisnis, diplomatik, dan politik,” Chin’ono, yang bertemu Randhawa pada tahun 2017 melalui seorang rekan menuliskan di platform X (sebelumnya Twitter).

“Istirahatlah dengan Damai, karya dan kecintaan Anda pada Zimbabwe akan menjadi warisan abadi Anda,” tuturnya.

Selain memiliki RioZim, sosok Harpal Randhawa juga dikenal sebagai pendiri perusahaan ekuitas swasta GEM Holdings senilai USD 4 miliar. (Zs/Lptn6)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini