spot_img
Minggu, April 28, 2024
spot_img

Mike Pence Mundur dari Bursa Capres Pemilu 2024

KNews.id – Mantan Wakil Presiden AS Mike Pence mengundurkan diri dari bursa calon presiden Partai Republik, sekaligus mengakhiri kampanye menuju Gedung Putih pada Pemilu 2024.

“Sudah jelas bagi saya: Ini bukan waktu saya,” kata Pence pada pertemuan tahunan Koalisi Yahudi Partai Republik di Las Vegas. “Jadi setelah banyak berdoa dan mempertimbangkan, saya telah memutuskan untuk mengakhiri kampanye saya sebagai calon presiden mulai hari ini.”

- Advertisement -

“Kami selalu tahu bahwa ini akan menjadi perjuangan yang berat, tetapi saya tidak menyesal,” lanjut Pence, mengutip AP.

Pence merupakan kandidat utama pertama yang mundur dari persaingan mendapat tiket pencapresan dari Partai Republik. Ia sempat bersaing dengan mantan bosnya, Donald Trump yang juga berniat maju lagi pada Pemilu 2024.

- Advertisement -

Seorang mantan wakil presiden biasanya akan dilihat sebagai penantang yang tangguh dalam pemilihan awal, tetapi Pence telah berjuang untuk menemukan basis dukungan.
Pence tidak segera mendukung salah satu pesaingnya, namun terus menggaungkan bahasa yang ia gunakan untuk mengkritik Trump.

“Saya mendorong semua rekan-rekan Partai Republik di sini, berikan negara kita pembawa standar Partai Republik yang akan, seperti yang dikatakan Lincoln, menarik bagi orang-orang yang lebih baik di sifat kita,” katanya, “dan tidak hanya membawa kita pada kemenangan, tetapi juga memimpin bangsa kita dengan kesopanan.”

- Advertisement -

Pengunduran diri Pence merupakan pukulan besar bagi seorang politisi yang telah menghabiskan waktu bertahun-tahun sebagai wakil Trump yang paling setia, hanya untuk dikambinghitamkan pada hari-hari terakhir masa jabatan mereka ketika Trump yakin bahwa Pence memiliki kekuatan untuk membalikkan hasil pemilu 2020 dan mempertahankan keduanya di Gedung Putih.

Meskipun Pence menghindari krisis konstitusional dengan menolak skema tersebut, ia memicu kemarahan Trump serta para pendukungnya, yang masih mempercayai kebohongan Trump tentang pemilu dan melihat Pence sebagai pengkhianat.

Sementara itu, di antara para pengkritik Trump, Pence dipandang sebagai seorang pendukung yang membela mantan presiden tersebut di setiap kesempatan dan menolak untuk mengkritik tindakan Trump yang paling tidak dapat dipertahankan sekalipun.

Hasilnya, sebuah penelitian dari Associated Press-NORC Center for Public Affairs Research pada bulan Agustus lalu menemukan bahwa mayoritas warga Amerika Serikat (57 persen), memandang Pence secara negatif, dan hanya 28 persen yang memiliki pandangan positif.

Sepanjang kampanyenya, mantan gubernur Indiana dan anggota kongres ini bersikeras bahwa meskipun ia dikenal oleh para pemilih, ia tidak “dikenal dengan baik” dan bertekad untuk mengubahnya.
Pence telah bertaruh di Iowa, negara bagian dengan mayoritas populasi Evangelis kulit putih yang memiliki sejarah panjang dalam mengangkat kandidat konservatif religius dan sosial seperti mantan Gubernur Arkansas Mike Huckabee dan mantan Gubernur Pennsylvania Rick Santorum.

Pence sering berkampanye bersama istrinya, Karen, seorang guru sekolah Kristen, dan menekankan pandangan garis kerasnya pada isu-isu seperti aborsi, yang ia lawan bahkan dalam kasus-kasus di mana kehamilan tidak dapat dipertahankan.

Dia berulang kali meminta rekan-rekannya sesama kandidat untuk mendukung larangan aborsi nasional minimal 15 minggu dan dia mendorong untuk melarang obat-obatan yang digunakan sebagai alternatif untuk prosedur bedah.

Dia mencoba untuk menghadapi secara langsung tindakannya pada 6 Januari 2021, menjelaskan kepada para pemilih berulang kali bahwa dia telah melakukan tugas konstitusionalnya pada hari itu, dengan mengetahui sepenuhnya konsekuensi politiknya. Ini adalah strategi yang diyakini para ajudan akan membantu meredakan masalah dan membuat Pence mendapatkan rasa hormat dari mayoritas anggota Partai Republik, yang mereka yakini tidak setuju dengan tindakan Trump.

Di sisi lain, Ia mengalami kesulitan yang sama beratnya dalam mengumpulkan dana, meskipun telah menjalin hubungan dengan para donor selama bertahun-tahun. Pence mengakhiri bulan September dengan hanya memiliki $1,18 juta di bank dan $621.000 dalam bentuk utang, menurut pengajuan kampanye terbarunya.

Utang tersebut telah bertambah dalam beberapa minggu setelahnya dan menambahnya akan membuat Pence, yang bukan orang kaya, membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk melunasinya.

(Zs/CNN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini