spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Meroket 99 Persen, Dana Segar dari IPO Sudah Menembus Rp117 T

KNews.id- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat total dana terhimpun dari penawaran umum atau Initial Public Offering (IPO) dari 27 perusahaan yang tercatat hingga awal Agustus kemarin mencapai Rp117,94 triliun. Capaian tersebut melonjak 99,36 persen bila dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan realisasi tersebut belum termasuk IPO PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) yang berhasil meraup dana segar Rp22 triliun pada 6 Agustus lalu.

“Capaian ini hampir melampaui perolehan 2020 yang sebesar Rp118,7 triliun. Kami yakin dapat kembali mencapai level sebelum pandemi di akhir 2021,” kata Wimboh pada sambutan HUT ke-44 Pasar Modal, Selasa (10/8).

- Advertisement -

Ia menyatakan keyakinan didasarkan pada catatan OJK. Data yang dimiliki lembanganya, masih terdapat 83 penawaran umum dalam proses (pipeline) senilai total Rp52,56 triliun yang 40 diantaranya akan dilakukan melalui mekanisme IPO.

Wimboh memantau kondisi pasar saham dalam negeri yang diukur lewat kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sepanjang 2021 masih bergerak stabil. Hingga Senin (9/8), IHSG tercatat tumbuh 2,48 persen secara tahun berjalan di posisi 6.127. Tercatat, aliran dana masuk asing mencapai Rp18,24 triliun secara tahun berjalan.

- Advertisement -

“Ke depan, OJK akan terus berupaya meningkatkan basis supply antara lain dengan mengakomodir calon emiten dari new economy atau startup. Ini diharapkan dapat meramaikan perdagangan saham di BEI,” tambahnya.

Seiring dengan pertumbuhan pasar modal, ia mengatakan terjadi peningkatan signifikan jumlah investor lokal. Hingga Juli 2021, investor pasar modal meningkat menjadi 5,82 juta atau meroket 93 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Investor didominasi oleh investor ritel berumur di bawah 30 tahun alias milenial.

- Advertisement -

“Pertumbuhan investor tersebut mencapai dua kali lipat sejak awal pandemi di mana hal ini mencerminkan tingginya optimisme investor terhadap pasar modal Indonesia,” pungkasnya. (Ade/cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini