spot_img
Sabtu, Mei 4, 2024
spot_img

Menparekraf Menargetkan 244 Desa Wisata Mandiri di 2021

KNews.id- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga S. Uno menargetkan akan ada 244 Desa Wisata yang bisa masuk dalam kategori Desa Wisata Mandiri pada tahun 2021. Desa Wisata yang mampu masuk di kategori tertinggi tersebut akan mampu mendorong perekonomian daerahnya.

Hingga saat ini, sudah ada 1.500 Desa Wisata Rintisan yang terdaftar di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

- Advertisement -

Menurut Kemenparekraf, saat ini terdapat empat kategori desa wisata. Kategori tersebut adalah, pertama desa wisata rintisan; kedua, desa wisata berkembang; ketiga, desa wisata maju; dan keempat, desa wisata mandiri.

“Desa Mandiri ini equivalent dengan unicorn. Kita ingin menghasilkan 244 unicorn tahun ini dari 1500 Desa Rintisan,” jelas Sandiaga pada paparan virtualnya, di Jakarta, Kamis, 15 Juli.

- Advertisement -

Sandiaga mengungkapkan, desa wisata ini merupakan salah satu destinasi penting karena akan mampu mendorong ekonomi di daerahnya. Apalagi, semakin populernya tren remote working atau bekerja dari destinasi yang unik, akan membuat desa wisata menjadi salah satu tujuan bagi para turis yang ingin bekerja di luar ruangan.

Lebih jauh, ada beberapa langkah yang ditempuh oleh Kemenparekraf untuk memulihkan pariwisata dan ekonomi kreatif. Langkah-langkah tersebut adalah peningkatan kapasitas SDM, revitalisasi destinasi wisata dan infrastruktur ekraf, peningkatan resiliensi dan daya saing usaha, inovasi produk dan jasa, serta pemulihan dan perluasan pasar. (Ade)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini