spot_img
Sabtu, Juni 22, 2024
spot_img

Menkes Titip Pesan Ini Buat Prabowo, Setelah Masa Jabatan Hampir Rampung

KNews.id – Jakarta , Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan satu pesan penting untuk pemerintahan berikutnya yang akan dipimpin Prabowo Subianto. Pesan tersebut terkait kandidat menteri-menteri di kabinet yang akan datang.

Menurutnya, menteri kesehatan dan menteri pendidikan merupakan posisi yang sangat vital. Oleh karena itu, ia berpesan agar presiden berikutnya jangan sampai salah pilih menteri. Adapun masa jabatannya di Kabinet Indonesia Maju akan berakhir pada Oktober 2024.

- Advertisement -

“Jadi Pak Prabowo, Pak Jokowi, menteri-menteri siapapun terserah, tapi menteri kesehatan dan menteri pendidikan nggak boleh salah pilih,” kata dia dalam acar diskusi di DPN Apindo, Jakarta Selatan.

Indonesia punya cita-cita besar untuk keluar dari posisi negara berpenghasilan menengah dan masuk ke jajaran negara maju berpenghasilan tinggi. Salah satu kualifikasinya adalah pendapatan per kapita mencapai US$ 13.000 per kapita. Sedangkan pendapatan per kapita Indonesia baru di angka US$ 4.600 per kapita.

- Advertisement -

Untuk mencapai posisi itu, pendidikan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Oleh karena itu, menurutnya sektor pendidikan sangat krusial di masyarakat.

Namun demikian, menurutnya sektor kesehatan punya posisi yang setingkat lebih awal dibandingkan pendidikan. Kesehatan tetap prioritas awal, sebab tanpa kesehatan sejak dalam kandungan, pendidikan tidak dapat ditempuh dengan optimal.

- Advertisement -

“Kesehatan lebih dulu daripada pendidikan. Kenapa? Karena Pendidikan itu baru dimulai pada usia 4-5 tahun. Kesehatan mulai minus 9 bulan. Kalau dia nggak sehat, stunting. Kalau bodoh, nggak bakal gaji Rp 15 juta sebulan,” ujarnya.

Selaras dengan itu pula, ia mengingatkan betapa pentingnya Indonesia dalam memanfaatkan bonus demografi. Indonesia punya waktu enam tahun lagi atau hingga 2030 untuk mempersiapkan diri menghadapi bonus demografi.

Salah satu persiapan yang harus dilakukan ialah memperkuat sektor kesehatan dan pendidikan. Apabila Indonesia mampu menciptakan SDM berkualitas, maka perekonomian bisa melompat berkali-kali lipat. Dengan demikian, Budi Gunadi berharap Indonesia bisa mencapai posisi negara maju lebih cepat dari target 2045.

(Zs/dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini