spot_img
Kamis, Mei 2, 2024
spot_img

Menhub Budi Karya: Progres Bandara IKN Sesuai Rencana, Juli Proyeksi Uji Coba

 

KNews.id – Menteri Perhubungan atau Menhub Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan terhadap progres pembangunan Bandara Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara.

- Advertisement -

Menurut Budi Karya, proyek tersebut sudah sesuai rencana dan diharapkan dapat mengadakan uji coba pada Juli mendatang.

“Saya lihat pembangunan Bandara IKN progresnya bagus. Pengerjaannya juga sesuai arahan Presiden, yakni tetap mempertahankan kehijauan alam sekitar. Saya harap pembangunan Bandara IKN dapat sesuai rencana, sehingga bisa diujicobakan pada bulan Juli nanti,” ujar Budi Karya melalui keterangan resminya pada Kamis, 29 Februari 2024.

- Advertisement -

Budi Karya menjelaskan, saat ini lokasi pembangunan bandara sedang fokus pada pekerjaan cut & fill area peribadatan, rumah dinas, perkantoran, gedung laboratorium, kantin, akses jalan perimeter barat, dan parkiran VIP. Pekerjaan lainnya melibatkan penyelesaian Bored Pile Terminal VIP dan VVIP, pembukaan jalan akses utama, serta land clearing di area embung.

Dengan luas terminal mencapai 7.350 m2 dan luas area bandara mencapai 347 ha, Bandara IKN dilengkapi dengan landasan pacu sepanjang 3.000 meter dan lebar 45 meter. Dengan fasilitas tersebut, bandara ini mampu menampung pesawat berbadan besar, seperti Boeing 777-3000ER dan Airbus A380.

- Advertisement -

Konsep desain Terminal Bandara IKN menggabungkan unsur kearifan lokal yang menonjolkan budaya Kalimantan dengan sentuhan modern, serta menjunjung tinggi prinsip berorientasi alam dan ramah lingkungan.

(Zs/Tmp)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini