spot_img
Jumat, Juli 19, 2024
spot_img

Mengukuhkan Jakarta Sebagai Kota Global, Merayakan HUT ke-497 dengan Ajang Marathon Dunia

KNews.id – Menjelang HUT Jakarta ke-497, DPRD Provinsi DKI Jakarta mengharapkan Pemerintah Provinsi serius mempersiapkan Jakarta sebagai kota global. Hal tersebut bisa ditunjukkan dengan dukungan penuh kepada event-event berkelas internasional, seperti event seni, budaya, olahraga dan dunia profesional.

Hal tersebut disampaikan Anggota DPRD DKI Jakarta, Dedi Supriadi kepada wartawan, Kamis (13/6/2024).

- Advertisement -

Selain membenahi kotanya, pemerintah Jakarta juga harus menampilkan citra diri sebagai kota yang layak disebut sebagai kota global. Termasuk dengan menampilkan kegiatan berskala internasional baik olahraga, seni, maupun budaya sehingga Jakarta dapat memperluas pengaruhnya dan membangun citra positif di tingkat dunia.

“Semua pemangku kepentingan harus optimis bahwa kota ini dapat terus berkembang dan menjadi pusat kegiatan ekonomi berskala global setelah meninggalkan status sebagai ibukota negara. Dengan mewujudkan visi menjadi kota global yang sejahtera dan bahagia bagi warganya,” ujar pria yang juga Ketua Pusat Studi Kota dan Dunia (PSKD) itu.

Salah satu event berkelas dunia yang akan digelar di Jakarta pada 23 Juni 2024 nanti adalah BTN Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024 berhasil meraih predikat World Athletic Label Road Races. Dengan predikat tersebut, BTN JAKIM 2024 menjadi salah satu ajang marathon berkelas dunia dan diakui oleh badan atletik dunia yakni World Athletics.

“Warga Jakarta tentu bangga menjadi tuan rumah event berkelas dunia ini,” ujar Dedi.

- Advertisement -

Diraihnya predikat Label Road Races untuk BTN JAKIM 2024, dikarenakan pada event tersebut, rutenya akan dilakukan sterilisasi dari segala kegiatan termasuk Car Free Day (CFD). Untuk itu, Dedi berharap masyarakat bisa ikut menyukseskan BTN JAKIM 2024 dengan tidak memilih rute-rute yang akan dilalui peserta Marathon.

Ia pun mendesak Pemprov DKI Jakarta menyosialisasikan secara massif rute mana saja yang akan dilalui peserta yang datang dari berbagai negara itu, sehingga masyarakat tidak akan terganggu karena adanya penutupan jalan pada 34 ruas yang dilalui pelari.

“Bahkan masyarakat bisa turut meramaikan dan memeriahkan HUT Jakarta termasuk di dalamnya event BTN JAKIM 2024,” ujarnya.

Sementara itu Corporate Secretary Bank BTN, Ramon Armando mengungkapkan, kategori yang dilombakan adalah Marathon (42K), Half Marathon (21K) dan 10K. Sedangkan hadiah total yang disiapkan dalam ajang ini sekitar Rp3 miliar termasuk grand prize sebuah rumah untuk peserta yang berhasil memecahkan rekor marathon khusus bagi Warga Negara Indonesia (WNI).

Adapun kategori yang dilombakan adalah Marathon (42K), Half Marathon (21K) dan 10K. Sedangkan hadiah total yang disiapkan dalam ajang ini sekitar Rp3 miliar termasuk grand prize sebuah rumah untuk peserta yang berhasil memecahkan rekor marathon khusus bagi Warga Negara Indonesia (WNI).

Menurut Ramon, ajang BTN JAKIM 2024 ini dipastikan sangat meriah karena mulai start di silang Monas dan finish di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan akan semengati oleh 50 cheering seni budaya dan juga disemangati oleh warga sekitar yang rutenya dilewati para pelari.

Tidak hanya itu, dalam gelaran ini juga akan diramaikan dengan berbagai macam kuliner enak yang digemari masyarakat.

(Zs/BTN)

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini