spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Mengenal Profil Negara Rusia: Luas Wilayah, Bahasa Hingga Agama

KNews – Mengenal profil negara Rusia: luas wilayah, bahasa hingga agama. Rusia belakangan ini sedang menjadi perbincangan karena berkonflik dengan tetangga serumpunnya, Ukraina.

Operasi militer spesial yang dilancarkan Rusia ke Ukraina membuat banyak pihak menyampaikan kecamannya.

- Advertisement -

Namun, pada artikel kali ini, kita tidak membahas soal perang tersebut, melainkan soal profil negara Rusia. Berikut ini adalah profil dan fakta soal negara Rusia.

Arti nama Rusia

Etimologi nama Rusia berasal dari kata ‘Rush’. Nama ‘Rush’ sendiri berasal dari abad pertengahan untuk menunjuk Bangsa Rus yang mendirikan negara yang berpusat di Novgorod.

- Advertisement -

Negara terbesar di dunia

Luas wilayah negara Rusia yakni 17.098.246 kilometer persegi. Menjadikan Rusia sebagai negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayah. Luas ini sekitar 9 kali dari luas wilayah Indonesia.

Mayoritas penduduk Rusia menganut Kristen Ortodoks

Sekitar 73 persen penduduk Rusia menganut Kristen Ortodoks, sisanya menganut agama-agama lain. Islam menjadi negara terbesar kedua di negeri Beruang Merah tersebut. Buddhisme juga menjadi salah satu agama dengan jumlah penganut yang besar di Rusia.

- Advertisement -

Moskow adalah ibu kota negara Rusia

Moskow adalah ibu kota negara Rusia, sekaligus kota terbesar di negara tersebut. Moskow menjadi pusat budaya, ilmiah, dan pemerintahan.

Negara dengan populasi penduduk terbesar di Eropa, dan ke-9 di dunia

Populasi penduduk negara Rusia yakni berjumlah 146,2 juta jiwa. Dengan jumlah tersebut, menjadikan Rusia sebagai negara dengan populasi terbesar di Benua Eropa dan kesembilan di dunia.

Sekitar 70 persen penduduk Rusia berada di wilayah Rusia bagian Eropa, sedangkan sekitar 30 persen sisanya berada di Rusia bagian Asia.

Mata uang Rusia

Rubel adalah mata uang negara Rusia.

Bahasa resmi negara adalah Bahasa Rusia

Bahasa Rusia merupakan bahasa resmi yang paling banyak digunakan di Rusia. Bahasa Rusia merupakan bahasa ibu yang paling banyak digunakan di Eropa. Selain bahasa Rusia, terdapat ratusan bahasa lain di Rusia, seperti bahasa Tatar, Chechen dan lain-lain.

Rusia adalah negara berbentuk Republik Federal

Republik Federal adalah bentuk negara Rusia dengan presiden menjabat sebagai kepala negara, sedangkan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan.

Rusia memiliki sekitar 85 subjek federal yang terdiri dari republik, krai, oblast, oblast otonom, okrug otonom dan kota federal.

Negara Rusia salah satu penghasil minyak bumi dan gas alam terbesar di dunia

Sumber daya alam terbesar yang ada di Rusia yakni, minyak bumi dan gas alam. Bahkan, dua sumber daya alam tersebut membuat Rusia memiliki peran besar di Eropa.

Jumlah perempuan lebih banyak daripada laki-laki

Dari 146,2 juta total penduduk Rusia, jumlah perempuan sebanyak 54 persen, sedangkan jumlah laki-lakinya 46 persen.

Perempuan di negara Rusia memiliki angka harapan hidup 76,5 tahun, sedangkan angka harapan hidup laki-lakinya 64 tahun.

Demikianlah profil negara Rusia dengan luas wilayah terbesar di dunia. Terlepas dari konflik yang sedang terjadi, bagaimanapun Rusia merupakan negara maju yang kaya akan budaya serta kental akan nilai sejarah dan peradaban-peradabannya. (RKZ/hops)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini