spot_img
Selasa, Mei 21, 2024
spot_img

Mengenal Asam Urat: Penyebab, Gejala dan 6 Cara Untuk Mencegahnya

 

KNews.id –  Asam urat adalah sejenis radang sendi yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di persendian. Kristal ini dapat terbentuk ketika kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi.

Asam urat termasuk zat alami yang ditemukan dalam tubuh dan dalam makanan tertentu. Ketika tubuh memecah purin, zat yang ditemukan dalam makanan, itu menghasilkan asam urat. Asam urat dapat menyerang sendi mana pun, namun paling sering menyerang jempol kaki.

- Advertisement -

Serangan asam urat terjadi secara tiba-tiba. Mereka dapat membangunkan Anda di tengah malam, merasa jempol kaki Anda terbakar. Jari kaki sangat meradang sehingga sprei yang ringan sekalipun dapat menyebabkan rasa sakit yang parah.

Penderita asam urat sering kali mengalami gejala yang datang dan pergi masa kambuh (gejala parah) dan masa remisi (sedikit atau tanpa gejala). Pengobatan asam urat biasanya berfokus pada pengelolaan gejala dan mencegah serangan asam urat.

- Advertisement -

Penyebab Asam Urat

Asam urat disebabkan oleh hiperurisemia (terlalu banyak asam urat di dalam tubuh). Asam urat dapat menyebabkan terbentuknya kristal tajam di persendian. Hiperurisemia dapat terjadi karena tubuh memproduksi terlalu banyak atau ginjal tidak dapat menghilangkannya dengan baik.

- Advertisement -

Jika kadar asam urat terlalu tinggi, kristal urat menumpuk di persendian. Kristal inilah yang menjadi penyebab asam urat.  Bisa saja kadar asam uratnya tinggi dan tidak pernah terkena asam urat. Menurut laporan Biomolekul tahun 2021 , hanya 36% penderita hiperurisemia yang akan menderita asam urat.

Apa Itu Asam Urat?

Asam urat adalah produk limbah yang dihasilkan ketika tubuh memecah bahan kimia yang disebut purin . Zat-zat ini dilepaskan dari sel-sel tubuh ketika dipecah, dan ditemukan dalam makanan. Seringkali, asam urat akan larut dalam darah, melewati ginjal, dan keluar dari tubuh melalui urin.

Pola makan kaya makanan dan minuman purin dapat meningkatkan kadar asam urat. Makanan dan minuman yang kaya purin antara lain:

  • Makanan laut
  • Daging merah
  • Daging organ seperti hati
  • Makanan dan minuman yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi
  • Alkohol, terutama bir

Terlalu banyak asam urat dalam tubuh menyebabkan hiperurisemia. Hiperurisemia akan menyebabkan kristal urat berkembang dan mengendap di persendian sehingga menyebabkan asam urat. Kristal urat juga dapat masuk ke ginjal dan menyebabkan batu ginjal .

Gejala Asam Urat

Periode peningkatan gejala asam urat disebut serangan asam urat atau serangan asam urat. Serangan asam urat sangat menyakitkan dan dapat terjadi dengan cepat.

Gejala serangan asam urat mungkin termasuk:

  • Rasa sakit yang hebat dirasakan bahkan dengan sentuhan sekecil apapun, seperti dari tempat tidur Anda
  • Pembengkakan
  • Kekakuan
  • Kemerahan
  • Panas atau perasaan bahwa sendi yang meradang terbakar

Serangan asam urat umumnya menyerang satu sendi dalam satu waktu. Asam urat biasanya menyerang jempol kaki namun bisa menyerang sendi lain, termasuk lutut, pergelangan kaki, kaki, tangan, pergelangan tangan, dan siku.

Serangan asam urat adalah yang terburuk dalam 12-24 jam pertama. Tanda-tanda awal serangan asam urat adalah rasa gatal, terbakar, kaku, atau nyeri ringan pada sendi yang terkena. Gejala akan memburuk dan kemudian hilang secara perlahan.

Kebanyakan orang akan pulih dari serangan asam urat dalam waktu satu atau dua minggu. Setelah kambuhnya penyakit teratasi, Anda mungkin akan mengalami gejala dalam jangka waktu yang lama (beberapa bulan hingga satu tahun atau lebih).

Pencegahan Asam Urat

Meskipun pengobatan dapat membantu memperbaiki gejala atau mencegah serangan, Anda juga harus mempertimbangkan pola makan Anda sebagai pengobatan, seperti:

  • Hindari minuman tinggi purin: Batasi alkohol dan minuman manis.
  • Hindari makanan tinggi purin: Daging merah, jeroan (seperti hati), dan makanan laut kaya purin (ikan teri dan sarden) merupakan makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat.
  • Minum banyak air: Meningkatkan asupan air akan menjaga kesehatan ginjal dan mengeluarkan asam urat dari tubuh.
  • Makan makanan yang sehat: Diet yang sehat dan seimbang mencakup banyak sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Produk susu rendah lemak dapat membantu menurunkan asam urat dalam darah dan menurunkan risiko serangan di masa depan.
  • Cobalah ceri dan jus ceri: Ini juga dipercaya dapat mencegah serangan asam urat. Sebuah studi crossover besar yang menggunakan survei online menemukan bahwa asupan ceri selama dua hari dikaitkan dengan penurunan risiko serangan asam urat sebesar 35%, dan ekstrak ceri mengurangi risiko sebesar 45%.
  • Menurunkan berat badan: Menurunkan berat badan dapat membantu menurunkan kadar asam urat dan mencegah serangan asam urat. Penelitian menunjukkan penurunan berat badan dapat membantu penderita asam urat mencapai tujuan jangka panjang, seperti menurunkan kadar asam urat dan mengurangi serangan asam urat.

Penurunan berat badan juga bermanfaat bagi kesehatan sendi, mengurangi tofi dan kerusakan sendi, meningkatkan fungsi fisik dan kualitas hidup, serta mengurangi potensi komplikasi asam urat atau penyakit penyerta.

(Zs/S.Up)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini