spot_img
Jumat, Mei 17, 2024
spot_img

Mengapa 1 Zulhijjah Indonesia dan Arab Saudi Berbeda? Ini Kata UAS

Pemerintah Indonesia telah menetapkan 1 Zulhijjah pada Selasa, 20 Juni 2023, itu artinya Hari Raya Idul Adha jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023.

Adapun Pemerintah Arab Saudi menetapkan 1 Zulhijjah jatuh pada Senin, 19 Juni 2023, dan memastikan Hari Raya Idul Adha jatuh pada Rabu, 28 Juni 2023. Terkait perbedaan penetapan 1 Zulhijjah hingga Hari Raya Idul Adha, banyak masyarakat Indonesia yang mengaku bingung, ikut pendapat pemerintah atau Arab Saudi.

- Advertisement -

Terkait hal itu, ulama kenamaan Tanah Air, Ustaz Abdul Somad (UAS) angkat bicara. Menurutnya letak perbedaan pendapat ini dikarenakan penampakan anak bulan di seluruh penjuru dunia tidak sama.

“Dunia ini satu matlak atau ta’addud al matoah, apakah penampakan anak bulan itu satu atau banyak? itu letak permasalahannya. Maka pendapat yang kuat adalah penampakan anak bulan itu tidak sama, tapi banyak,” ujar UAS dilansir dari akun TikTok Ihwandi Saharuddin, Rabu, 21 Juni 2023. Penceramah kelahiran Silo Lama, Asahan, Sumatra Utara itu memaparkan persoalan ini diungkap oleh sahabat Nabi Muhammad SAW, yakni Abdullah bin Abbas.
(Zs/VV)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini