spot_img
Minggu, Mei 5, 2024
spot_img

Mendagri Inggris Dicopot Usai Tuduh Polisi Dukung Demonstran Pro-Palestina

KNews.id – Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak mencopot Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Suella Braverman dari jabatannya. Pencopotan ini diumumkan setelah Braverman menuai amarah publik dengan komentar kontroversialnya yang menuduh polisi Inggris lebih mendukung demonstran pro-Palestina.

Sunak mendapatkan tekanan besar untuk mencopot Braverman, seorang tokoh sayap kanan yang vokal, dari jabatannya setelah para pengkritik menuduhnya meningkatkan ketegangan selama berminggu-minggu saat aksi pro-Palestina dan aksi tandingannya digelar di Inggris.

- Advertisement -

Pencopotan Braverman ini diumumkan Sunak ,saat PM Inggris itu merombak anggota kabinetnya menjelang pemilu yang diperkirakan akan digelar tahun depan.
Belum diketahui secara jelas siapa yang akan menggantikan Braverman sebagai Mendagri Inggris. Jabatan itu dipegang oleh Braverman sejak Sunak menjabat PM Inggris setahun yang lalu.

Setelah pencopotannya diumumkan, Braverman memberikan tanggapan dengan menyatakan dirinya merasa terhormat pernah memegang jabatan tersebut.

- Advertisement -

“Merupakan hak istimewa terbesar dalam hidup saya untuk menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri,” ucapnya. “Saya akan menyampaikan lebih banyak hal pada waktunya nanti,” imbuh Braverman, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Braverman memicu kontroversi pekan lalu, seperti dilansir Associated Press, ketika dia melontarkan serangan yang sangat tidak biasa terhadap Kepolisian Inggris. Pada saat itu, Braverman menuduh Kepolisian London mengabaikan pelanggaran hukum yang dilakukan ‘gerombolan pro-Palestina’.
Dia juga menggambarkan para demonstran yang menyerukan gencatan senjata di Jalur Gaza sebagai ‘demonstran kebencian’.  (Zs/Dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini