spot_img
Sabtu, April 20, 2024
spot_img

Mencegah Asam Urat Kambuh Lagi, Lakukan 5 Tips Sehat Ini untuk Kurang Frekuensi Serangannya

 

KNews.id –  Tujuan utama pengobatan asam urat adalah untuk mencegah kekambuhan dan mengurangi potensi kerusakan sendi. Meskipun dokter Anda telah meresepkan obat untuk menurunkan kadar asam urat, Anda juga harus melakukan perubahan gaya hidup.

- Advertisement -

Berikut ini, untuk mengurangi frekuensi serangan asam urat:

1. Hindari Makanan Tertentu

- Advertisement -

Makanan tinggi purin dapat meningkatkan risiko serangan asam urat. Hindari daging merah, jeroan (seperti hati), beberapa jenis makanan laut (seperti sarden, ikan teri, dan kerang), dan minuman manis.

2. Makan Makanan dengan Kadar Purin Rendah

- Advertisement -

Ini termasuk biji-bijian, produk susu, telur, serta minyak dan lemak nabati. Buah batu seperti ceri dapat membantu menurunkan kadar asam urat.

3. Hindari Alkohol

Alkohol, terutama bir, memiliki kadar purin. Bir diyakini sebagai pemicu utama serangan asam urat.

4. Minum Banyak Air

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi air yang cukup dikaitkan dengan penurunan serangan asam urat berulang yang signifikan.

Semakin banyak air yang Anda minum, semakin banyak asam urat yang dapat dikeluarkan dari tubuh melalui urin. Anda perlu minum setidaknya 64 ons air sehari untuk membantu Anda tetap terhidrasi dengan baik.

5. Bergerak

Kurangnya olahraga menyebabkan lebih banyak kekakuan dan nyeri. Jika nyeri menghalangi Anda bergerak, gunakan tongkat untuk mengurangi tekanan pada sendi yang meradang. Lakukan yang terbaik untuk terus bergerak, meskipun Anda hanya berjalan-jalan sebentar dan melakukan peregangan.

Lalu Bagaimana Jika Asam Urat Terus Kambuh?

Banyak orang mengalami serangan asam urat selama berbulan-bulan dan terkadang bertahun-tahun. Jika Anda adalah seseorang yang mengalami dua kali atau lebih kambuh dalam setahun, bicarakan dengan dokter atau pusat layanan kesehatan tentang perubahan pada rencana perawatan Anda. Seringnya kambuh adalah hal yang tidak normal dan dapat menyebabkan kerusakan sendi.

Dokter dapat meresepkan obat untuk mengurangi produksi asam urat atau obat yang mengurangi rasa sakit dan bengkak jika Anda mengalami kambuh. Jika Anda mengalami dua kali atau lebih serangan asam urat dalam setahun, Anda mungkin akan diberi resep obat asam urat setiap hari. Baris pertama adalah Zyloprim (allopurinol), yang seringkali merupakan obat seumur hidup.

Hubungi dokter saat asam urat kambuh. Mereka mungkin meresepkan obat untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak atau memberi Anda suntikan kortikosteroid untuk mengurangi peradangan lebih cepat.

(Zs/S.Up.co)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini