spot_img
Minggu, April 28, 2024
spot_img

Menanti Kejutan PDIP Putuskan Calon Pengganti MenPAN-RB

KNews.id-Posisi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) di Kabinet Indonesia Maju masih kosong setelah 40 hari Tjahjo Kumolo tutup usia.

Kursi menteri yang merupakan alokasi PDI Perjuangan (PDIP) itu belakangan digadang-gadang akan diisi oleh sejumlah nama kader terbaik dari partai berlogo banteng moncong putih itu.

- Advertisement -

Istana sebelumnya mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal membahas jabatan posisi tersebut dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Sebelum memutuskan, Jokowi diketahui bakal berkonsultasi terlebih dahulu dengan Megawati terkait sosok pengganti Tjahjo.

“Jadi untuk pengganti Pak Tjahjo, tentunya ini keputusan bersama karena Bapak Presiden yang mempunyai hak prerogatif mendapatkan masukan dari PDI Perjuangan, dari Bu Mega. Karena memang yang digantikan itu kebetulan juga kader PDI Perjuangan dan itu memang alokasi untuk PDI Perjuangan,” kata Seskab Pramono Anung di kompleks Istana, Jakarta, Senin (8/8/2022) lalu.

- Advertisement -

PDIP Sudah Kantongi Calon Kejutan
PDIP mengaku sudah mengantongi nama pengganti Tjahjo. Hal itu disampaikan oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

“Sudah pasti ada nama-nama calonnya,” kata Ketua DPP RI Puan Maharani di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (21/8).

- Advertisement -

Puan mengatakan sejatinya nama-nama pengganti almarhum Tjahjo merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo. Dia pun meminta publik menunggu pengumuman resminya.

“Tapi itu hak prerogatif Presiden. Jadi kita tunggu saja pengumuman dari Presiden,” ujar Puan.

Saat ditanya apakah Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey yang akan mengisi kursi MenPAN-RB, Puan enggan menjawabnya. Namun yang pasti, menurut Puan, nama itu akan membuat publik terkejut.

“Ya nggak ya?” kata Puan.

“Ya nanti kita lihat pas diumumin, pasti bikin kejutan,” sambung Puan menjawab lagi pertanyaan soal kebenaran Olly Dondokambey bakal mengisi kursi MenPAN-RB.

Jawaban serupa disampaikan Puan soal peluang Djarot Saiful Hidayat untuk mengisi kursi MenPAN-RB. “Ya, nggak,ya? Ha-ha-ha…,” kata Puan.

Nama Olly Dondokambey Menguat
Soal sosok pengisi kursi MenPAN-RB itu, sejumlah nama pun muncul dari PDIP. Nama-nama kader yang mumpuni menjadi pengganti Tjahjo pernah disebut oleh Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat.

Nama-nama itu mulai Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey. Djarot menyebut kedua nama itu berpeluang karena prestasinya memimpin daerah.

“Kita banyak stok, ada Pak Ganjar, ada Pak Olly, sebagai gubernur. Jadi kita banyak stok yang baik-baik, belum lagi kepala daerah kita yang di kabupaten/kota maupun provinsi dan sebagainya. Jadi stok kader di PDIP mencukupi, karena kita rutin sistematis berkelanjutan mengadakan sekolah partai dan kaderisasi yang salah satunya adalah ini,” kata Djarot di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/7) lalu.

Megawati Telah Temui Jokowi
PDIP menyampaikan Megawati Soekarnoputri telah bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka. Dalam pertemuan itu, Megawati disebut menyerahkan nama MenPAN-RB pengganti almarhum Tjahjo Kumolo.

“Ya nama-nama kan Ibu Ketum (Megawati Soekarnoputri) sudah bertemu dengan Bapak Jokowi, sudah mengadakan dialog yang cukup panjang, nama-nama sudah disampaikan dan dalam dialog itu kan juga dibahas hal-hal yang lain,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (21/8/2022).

Hasto menerangkan, Megawati memang telah menyerahkan nama-nama kader PDIP ke Jokowi. Namun, menurut Hasto, keputusan pengganti Tjahjo Kumolo tetap ada di tangan Jokowi.

“Ya nama-nama nanti Bapak Presiden Jokowi yang akan mengumumkan sesuai dengan kewenangan beliau, hak prerogatif beliau, tetapi nama-nama sudah disampaikan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri, karena kita ini kan taat asas, ada nama-nama yang disampaikan dan kemudian Presiden Jokowi yang mengambil keputusan atas nama yang disampaikan,” ujarnya.

Olly Dikabarkan Bakal ke Jakarta di Tengah Isu Kursi MenPAN-RB
Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey akan ke Jakarta di tengah isu dirinya menguat sebagai kandidat MenPAN-RB menggantikan Tjahjo Kumolo. Olly akan mendampingi Ketua DPP PDIP Puan Maharani menemui Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

“Besok (ke Jakarta) temenin Puan Maharani,” kata Olly dihubungi, Minggu (21/8/2022).

Olly mengatakan datang ke Jakarta hanya untuk mendampingi Puan menemui Surya Paloh. Tidak ada arahan lain dari partai.

“Aku ditelepon cuma itu untuk dampingi Mbak Puan,” ujarnya.

Bukan hanya dia yang diminta dampingi Puan di pertemuan dengan Surya Paloh besok, tapi juga tokoh lain seperti Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto hingga Ketua Bapilu Bambang Wuryanto.

“Saya, Mbak Puan, Pak Sekjen. Nggak banyak ada 5-6 orang,” ujarnya. (Ach/Dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini