spot_img
Senin, April 29, 2024
spot_img

Membela Jokowi terdapat Azan di Shalat Idul Adha, TGB Diganjar Komisaris BSI

KNews.id- Muhammad Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) menerima jabatan Wakil Komisaris Utama Bank Syariah Indonesia (BSI).

TGB diangkat Wakil Komisaris Utama BSI sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.33/POJK.04/2014 tentang Direksi dan Dewan Komisaris Emiten atau Perusahaan Publik. Beleid itu mengatur bahwa Dewan Komisaris diangkat dan diberhentikan oleh RUPS, khususnya Pasal 23 ayat 1 juncto Pasal 3 ayat 1.

- Advertisement -

Chairman Rabu Hijrah Phirman Rezha, menyampaikan ucapan selamat dan turut berbahagia. Ia yakin duet tokoh ekonomi syariah di bank tersebut akan mampu membawa BSI bersaing secara global.

Sebelumnya, TGB menjelaskan terkait kata Muazin dalam Twitter Presiden Jokowi saat Shalat Idul Adha. TGB mengutip salah satu kitab babon fikih Syafii.

- Advertisement -

“Banyak pertanyaan terkait ini kepada saya melalui pesan pendek dan watsap. Karena ini masalah fikih, saya kutipkan saja tulisan Imam Nawawi RA dalam Al-Majmu, salah satu kitab babon dalam fikih Syafii,” sebutnya.

Disebutkan, Imam Syafii dan Ashab (para tokoh utama Mazhab Syafii) mensunnahkan ucapan : Ash-shalatu jamiah (saat shalat id), berdasarkan qiyas dengan shalat gerhana

- Advertisement -

Imam Syafii mengatakan dalam bukunya Al-Umm, “Aku suka apabila Imam memerintahkan Muazin untuk menyerukan di shalat Id dan shalat lain yang dilaksanakan secara berkumpul, “Ash-Shalatu jamiah’.

“Jadi istilah Muazin juga dipakai dalam shalat Id, hanya saja yang diserukan bukan azan yang biasa namun ucapan ‘Ash-Shalatu jamiah’. Dan inilah yang diamalkan selama ini,” katanya.

TGB membeberkan kalau siapa pun yang ingin menjalankan sariah Islam dalam kerangka kehidupan beragama, ia meminta untuk menjalankannya dengan kejernihan dan kerendahan hati.

“Pesan saya untuk diri saya dan kita semua, mari beragama dengan kejernihan dan kerendahan hati, jauhkan diri dari sifat gampang menyalahkan apalagi menghina orang lain. Siapapun itu. Apalagi kalau kita sendiri ternyata masih fakir ilmu,” katanya. (Ade/SN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini