spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Melalui Gebyar Safari 1443 H, OJK Menyemarakan Ramadhan dengan Mendorong Peningkatan Lirerasi Keuangan Syariah

KNews.id- Dalam rangka meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah masyarakat, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan Lembaga Jasa Keuangan (LJK) syariah serta stakeholders terkait kembali menyelenggarakan rangkaian acara Gebyar Safari Ramadhan 1443 H dengan tema “Berkah dan Sejahtera Bersama Keuangan Syariah”.

Kegiatan Gebyar Safari Ramadhan (GSR) 1443 H dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan bulan Ramadhan melalui penyelenggaraan berbagai rangkaian kegiatan edukasi yaitu SHAUM (SHAria talk serU in raMadhan), Kontes Keuangan Syariah di Bulan Ramadhan (KURMA) yang terdiri dari Olimpiade Cerdas Cermat Keuangan Syariah (CCKS) tingkat SMP dan SMA yang diikuti oleh perwakilan dari 35 wilayah KR/ KOJK, Lomba Vlog TikTok dan Caption Reels, serta kegiatan Gebyar Ramadhan Nusantara berupa pelaksanaan berbagai program edukasi keuangan syariah yang dilakukan secara serentak oleh Kantor Pusat, KR dan KOJK pada puncak rangkaian kegiatan GSR 1443 H.

- Advertisement -

Webinar SHAUM pertama dengan tema “Investasi Syariah Generasi Milenial” yang diselenggarakan pada tanggal 6 April 2022 dihadiri oleh 2300 orang peserta melalui Zoom dan 568 viewers pada YouTube. Adapun Webinar SHAUM kedua dengan tema “Peran Pembiayaan Syariah dalam Ekosistem Industri Halal” yang diselenggarakan pada tanggal 13 April 2022 dihadiri oleh 1800 orang peserta melalui Zoom dan 273 viewers pada YouTube.

Selain kegiatan Webinar SHAUM, OJK juga menyelenggarakan Olimpiade CCKS untuk pertama kalinya dengan peserta yang berasal dari siswa/i aktif tingkat SMP dan SMA sederajat yang merupakan hasil seleksi pada lebih dari 500 sekolah oleh KR/KOJK di seluruh Indonesia. SMP Kristen Kalam Kudus Jayapura dan SMAN 1 Bantul berhasil menjadi juara pertama pada tingkat SMP dan SMA. Selain olimpiade CCKS, OJK juga menyelenggarakan Lomba Vlog TikTok yang mengajak masyarakat untuk membuat konten video singkat terkait produk keuangan syariah dan Caption Reels terkait testimoni/ulasan ringkas atas materi yang disampaikan para narasumber dalam setiap Webinar SHAUM.

- Advertisement -

Sebagai puncak pelaksanaan rangkaian Gebyar Safari Ramadhan 1443 H, pada hari Rabu (20/4), OJK menyelenggarakan Webinar Edukasi Keuangan Syariah dengan tema “Digitalization to Support the Growth of Islamic Finance” yang menghadirkan narasumber internasional yaitu Prof. Dato. Dr. Mohd. Azmi Omar, President and Chief Executive Officer INCEIF University,  Malaysia dan narasumber lainnya yaitu Imansyah selaku Deputi Komisioner OJK Institute dan Keuangan Digital serta Dwi Irianti Hadiningdyah selaku Direktur Pembiayaan Syariah, DJPPR Kementerian Keuangan. Kegiatan tersebut dibuka dengan sambutan oleh Tirta Segara, Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK.

Dalam sambutannya, Tirta Segara menyampaikan bahwa OJK memiliki tiga inisiatif yang telah dan akan terus dilakukan untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah masyarakat. Pertama, program edukasi keuangan syariah secara digital dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

- Advertisement -

Kedua, pengembangan produk keuangan yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik masyarakat. Ketiga, menerapkan prinsip perlindungan konsumen dalam menjaga kepercayaan masyarakat. Di hari yang sama, beragam kegiatan edukasi dan literasi keuangan syariah juga dilaksanakan oleh 35 Kantor Regional/ Kantor OJK secara serentak di seluruh Indonesia dengan tema Gebyar Ramadhan Nusantara. Pelaksanaan kegiatan Gebyar Safari Ramadhan 1443 H diharapkan dapat memperkokoh komitmen seluruh pihak dalam mendorong peningkatan literasi dan inklusi keuangan syariah di Indonesia agar masyarakat dapat lebih memahami dan percaya terhadap produk dan layanan/jasa keuangan syariah melalui pelaksanaan berbagai program literasi dan edukasi yang menarik serta inovatif sehingga pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (AHM)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini