spot_img
Rabu, April 24, 2024
spot_img

Megawati Menegaskan Orba Membelokkan Sejarah Bung Karno termasuk terkait PKI?

KNews.id- Penguasa Orde Baru (Orba) membelokkan sejarah tentang Soekarno (Bung Karno).

“Saya waktu itu sampai terharu sekali, karena saya tidak menyangka, karena saya dulu berpikir, Bung Karno pada waktu masa Orde Baru praktis sepertinya sejarah itu dibelokkan dan hal-hal yang ada hubungannya dengan beliau itu tidak diceritakan secara benar,” ujarnya, dilansir dari CNN Indonesia, Kamis (29/9).

- Advertisement -

Setelah itu, menurut Mega, ada juga patung Bung Karno di Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) dan di Galeri Bung Karno. Bahkan, lanjutnya, bukan hanya patung, di Kota Masohi, Maluku juga terdapat nama jalan Bung Karno.

Jadi, apa yang ingin saya sampaikan? Akhirnya nama beliau pun sekarang telah diingat kembali. Karena Bung Karno itu bukan hanya… Orang dulu sering katakan ‘ibu bela bapaknya, karena bung karno bapak saya’. Saya jawab, ‘masa seorang anak tidak akan bela orang tuanya?’” tutur Mega.

- Advertisement -

Megawati pernah menyatakan bahwa Soekarno dilengserkan dari kursi presiden lalu melanjutkan hidup sebagai rakyat biasa. Peristiwa itu terjadi setelah meletus prahara 1965.

“Saya tumbuh besar di istana. Akibat peristiwa politik tahun 1965 saya tidak bisa melanjutkan sekolah. Dan tentu saja karena ayah saya dilengserkan, hidup sebagai rakyat biasa,” kata Megawati saat penyematan gelar profesor kehormatan dengan status guru besar tidak tetap oleh Universitas Pertahanan (Unhan), Jumat (11/6). (AHM/cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini