spot_img
Selasa, April 23, 2024
spot_img

Megawati: Coba Pikir, Kenapa Bapak Saya tak Mau ada Wapres Lagi Cuma Pak Hatta?

KNews.id- Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyebut jika hubungan ayahnya, Presiden RI Pertama  Soekarno dengan Wakil Presiden Pertama Mohammad Hatta adalah persahabatan sejati. Bung Karno, kata Megawati tak pernah memiliki wakil setelah Bung Hatta mundur.

Megawati pun menceritakan hubungan dua keluarga proklamator RI itu sangat-sangat dekat. Banyak yang menyebut bahwa hubungan keduanya, di akhir-akhir, banyak perbedaan. Hingga Hatta mundur diri sebagai wakil presiden.

- Advertisement -

“Tapi coba pikir, kenapa setelah itu bapak saya tak mau ada wakil presiden lagi? Karena dia tak mau ada wakil lagi. Tetapi cuma Pak Hatta. Itu persahabatan sejati,” ujar Megawati dalam webinar Bung Hatta Inspirasi Kemandirian Bangsa secara virtual.

Megawati juga bercerita, persahabatan keduanya tetap erat, ketika Bung Karno menjadi tahanan oleh rezim Orde Baru tanpa selembar kertas berisi status itu, keluarganya hendak menggelar pernikahan. Ketika itu kakak Megawati, Guntur Soekarnoputra hendak menikahi seorang Mojang Priangan.

- Advertisement -

“Bayangkan ayah saya tak bisa hadir akibat peristiwa politik saat itu, meski tidak ada secarik kertas pun yang memberi status hukum bagaimana Bung Karno dikenakan tahanan rumah. Akhirnya ibu saya minta ke Pak Hatta dan Tante Rahmi mewakili, bisa tidak Pak Hatta mewakili keluarga Bung Karno? Spontan Pak Hatta bilang oke, kalian kan anak saya juga. Itu satu keindahan tersendiri,” kata Megawati. \

Karena itu, Megawati mengatakan persahabatan Bung Karno dan Bung Hatta pasti akan abadi, selama Indonesia Raya berdiri.

- Advertisement -

“Kalau sekarang ada yang masih berusaha dikutak kutik itu pasti aneh. Orang-orang itu bilang perbedaan Bung Karno dan Bung Hatta, ini lah itu lah. Saya bilang orang itu mengerti tidak ya yang sebenarnya?” tegas Megawati.

Putri Bung Hatta Meutia Farida Hatta yang hadir di acara tersebut juga mengakui soal persahabatan kedua keluarga mereka.

Meutia mengingat bagaimana ayahnya memang menjadi wakil keluarga Soekarno saat Guntur Soekarno menikah. Bahkan kata Meutia, Bung Karno adalah yang menguburkan ari-arinya saat dirinya dilahirkan.

Meutia menuturkan saat itu, Hatta memilih untuk buru-buru ke Istana Kepresidenan untuk menghadiri rapat kabinet.  Namun Bung Karno yang datang menjenguk, memahami pentingnya budaya menanam ari-ari sebagai orang Jawa. Sehingga dia yang menanam ari-arinya. 

“Ini satu timbal balik yang manusiawi, tetapi juga sebuah persahabatan luar biasa,” kata Meutia Farida Hatta. (Ade/sra)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini