spot_img
Sabtu, April 27, 2024
spot_img

Maybank Sabet Penghargaan Bank Pendukung UMKM Terbaik dari BI

KNews.id- Kontribusi PT Bank Maybank Indonesia Tbk terhadap kelangsungan sektor UMKM melalui penyaluran kredit membuahkan penghargaan dari Bank Indonesia (BI) sebagai Bank Pendukung UMKM Terbaik untuk kategori Bank BUKU 3 dan 4. Penghargaan sebagai Bank Pendukung UMKM Terbaik untuk kelompok Bank BUKU 3 dan 4 ini merupakan penghargaan ketiga yang diterima Maybank Indonesia sejak tahun 2018 lalu. Hal ini adalah wujud apresiasi pemerintah kepada Bank dalam memberdayakan sektor UMKM di tanah air.

Direktur Community Financial Services Maybank Indonesia Steffano Ridwan mengatakan, penyaluran kredit usaha Maybank Indonesia dilandasi pada prinsip empowering the community di mana bank harus mampu mengikuti dinamika kebutuhan UMKM yang diwujudkan dalam berbagai kemudahan proses penyaluran kredit.

- Advertisement -

Dijelaskannya, solusi unggulan Maybank Indonesia dalam menyalurkan fasilitas kredit bagi UMKM dilakukan dengan berbagai mekanisme. Pertama, melalui program supply chain yang mengintegrasikan sebanyak 73 UMKM dengan peran masing-masing yaitu produsen, distributor, supplier, reseller hingga retailer (hulu hingga hilir) dalam kesatuan jaringan usaha.

Kedua, disalurkan melalui kemitraan dengan institusi perbankan atau non-perbankan dalam program MyLinkage, seperti Bank Perkreditan Rakyat (BPR), kemitraan dengan koperasi plasma sawit serta dalam bentuk modal ventura. Pada Desember 2019, Maybank Indonesia telah menyalurkan total kredit sebesar Rp 4,1 triliun melalui program kemitraan MyLinkage.

- Advertisement -

“Sesuai visi Maybank Indonesia humanising financial services, kami berupaya untuk memberikan akses pembiayaan yang beragam, mudah dijangkau dan sesuai dengan fitur Nasabah UMKM dalam menjalankan roda usahanya mengingat kontribusi penting para pelaku UMKM terhadap ketahanan perekonomian nasional,” ungkap Steffano dalam siaran pers, Selasa (5/1).

Maybank Indonesia, tambahnya juga aktif mendukung pemberdayaan UMKM melalui keikutsertaan pada berbagai aktivitas pelatihan coaching dan mentoring, menjalin kerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BeKraf) untuk menyediakan layanan transaksi perbankan dan pembiayaan untuk pengusaha di bidang ekonomi kreatif.

- Advertisement -

Selain itu, Maybank Indonesia bersama dengan dengan Maybank Foundation, yayasan sosial yang dimiliki Maybank Group, mengembangkan program pemberdayaan ekonomi yang ditujukan bagi komunitas penyandang disabilitas melalui Reach Independence & Sustainable Entrepreneurship (RISE) di beberapa kota di Indonesia secara daring.

Hingga kuartal III 2020, Maybank Indonesia telah menyalurkan kredit segmen Community Financial Services (CFS) Non-ritel sebesar Rp38,7 triliun, di mana Rp 22,6 triliun diantaranya, merupakan kredit untuk sektor UMKM. Sebagai informasi, total keseluruhan kredit Maybank Indonesia (termasuk Global Banking dan CFS) yang telah disalurkan ke pasar mencapai Rp 109,4 triliun di periode yang sama.

Adapun penyerapan kredit Maybank Indonesia terhadap portofolio UMKM, didominasi atau sebesar 78%, sebagai kredit modal kerja UMKM berjangka waktu pendek untuk membiayai operasional usaha, piutang dagang, pembelian bahan baku dan sebagainya.

Sementara sebesar 22% digunakan sebagai pinjaman investasi berjangka panjang untuk mendukung kebutuhan usaha UMKM seperti membiayai proyek investasi, perluasan usaha, pembelian alat produksi, dan lainnya. (AHM)

Sumber: BeritaSatu

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini