spot_img
Sabtu, April 20, 2024
spot_img

Masyarakat Yakin Pemerintah Mampu Menangani Pandemi Cukup Tinggi Menurut Survei Populi Center

KNews – Masyarakat yakin pemerintah mampu menangani pandemi cukup tinggi menurut Survei Populi Center. Keyakinan masyarakat terhadap kemampuan pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam mengatasi pandemi Covid-19 cukup tinggi. Berdasarkan survei opini publik yang dilakukan Populi Center, 86,8 persen responden survei menyatakan keyakinannya itu.

“Keyakinan masyarakat terkait penanganan Covid-19 yang dilakukan pemerintah cukup tinggi,” ujar peneliti Populi Center Nurul Fatin Afifah dalam paparan yang dilakukan secara daring, Senin (20/12/2021).

- Advertisement -

Secara lebih terperinci, sebesar 13,4 persen responden menyatakan sangat yakin pemerintah Jokowi dapat menangani pandemi, sebesar 73,3 persen lainnya menyatakan yakin. Sementara itu, hanya sebesar 11,9 persen responden yang menyatakan tak yakin dengan kemampuan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf dalam menangani pandemi.

“Berdasarkan data tren survei, peningkatan keyakinan publik terhadap penanganan Covid-19 mulai terlihat sejak September 2021 dan kemudian relatif stabil hingga Desember,” jelas Nurul.

- Advertisement -

Ia menambahkan, keyakinan publik itu berbanding lurus dengan penilaian publik terkait kinerja pemerintah pusat dalam menangani pandemi. Dalam hal ini, mayoritas masyarakat yang terlibat dalam survei, yakni sebesar 90,3 persen menilai baik kinerja pemerintah pusat dalam menangani pandemi.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 16,1 persen memberi nilai sangat baik dan 74,2 persen baik. Sementara itu, hanya 9 persen masyarakat yang terlibat dalam survei menilai buruk kinerja pemerintah pusat dalam menangani pandemi Covid-19.

- Advertisement -

Untuk diketahui, survei mengenai persepsi masyarakat tentang penanganan Covid-19, pelayanan publik, dan dinamika politik nasional dikakukan melalui wawancara telepon terhadap 1.200 responden pada 1-9 Desember 2021.

Responden dipilih secara acak dari populasi pemilih, yakni penduduk berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dari basis data populasi survei Populi Center sejak 2013-2021.

Survei dilakukan dengan teknik pengambilan sampel metode acak sederhana dari kerangka sampling yang dimiliki Populi Center. Margin of error pada survei ini sebesar 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (RKZ/kmps)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini