spot_img
Minggu, Mei 19, 2024
spot_img

Masyarakat Kalimantan Berharap Jika Jokowi Hentikan Proyek IKN

KNews.id – Warga Kalimantan akan lebih bahagia jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghentikan proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan menggantinya dengan menghebatkan kota-kota di wilayah tersebut.
Pegiat media sosial Tifauzia Tyasumma alias Dokter Tifa mengatakan anggaran untuk IKN bisa dialihkan untuk membangun kota-kota di Kalimantan agar setara dengan kota maju di Jawa, selain itu hutan juga akan terlindungi.
“SAYA MENOLAK IKN! Lebih baik mengHEBATkan Kota-Kota yang sudah ada di Kalimantan, agar setara majunya dengan kota-kota yang ada di Jawa. Tanpa merusak hutan-hutan yang ada,” ucapnya.
“Biaya untuk IKN bisa direalokasi untuk membangun kota-kota tersebut. Semua orang Kalimantan akan lebih bahagia,” sambungnya dikutip dari akun X pribadinya.
Sementara itu, capres nomor urut satu Anies Baswedan mengaku bakal mengkaji dengan serius pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur jika dirinya terpilih menjadi Presiden pada Pilpres 2024 mendatang.
Ia menyampaikannya saat acara dialog terbuka Muhammadiyah yang disiarkan virtual di YouTube Muhammadiyah Channel, Rabu (22/11/2023).  Anies bilang jika pembangunan IKN hanya untuk mencapai pemerataan ekonomi, langkah untuk membuat ibu kota baru salah kaprah.
“Ketika tujuan membangun kota baru dan ibu kota baru adalah dengan alasan pemerataan maka itu tidak menghasilkan pemerataan yang baru. Mengapa? Karena itu akan menghasilkan sebuah kota baru yang timpang dengan daerah-daerah yang ada di sekitarnya,” ujarnya dikutip dari Suara.
Anies yang berpasangan dengan Muhaimin Iskandar sebagai Calon Wakil Presidennya tersebut melanjutkan bahwa bila ingin meratakan pembangunan di Indonesia yang seharusnya dilakukan adalah membangun kota-kota kecil menjadi kota menengah, dan membangun kota-kota menengah menjadi kota besar.
“Bangun kota kecil menjadi menengah, kota menengah menjadi besar di seluruh wilayah Indonesia. Bukan hanya membangun satu kota di tengah-tengah hutan, karena membangun satu kota di tengah hutan itu sesungguhnya menimbulkan ketimpangan yang baru,” papar Anies.
Menurutnya, tujuan utama IKN dan langkah yang diambil tidak sinkron.  “Jadi ini antara tujuan dengan langkah yang dikerjakan itu tidak nyambung,” katanya. Anies bilang bila dirinya menjadi presiden usai Pemilu 2024, proyek IKN akan dikaji ulang secara serius. Hal ini dilakukan agar tujuan-tujuan pemerataan ekonomi bisa dicapai.
“Kami melihat di sini problem ini problem karena itu ini harus dikaji secara serius karena tujuan kita yang saya sampaikan tadi Indonesia yang setara Indonesia yang merata,” tutur Anies. Menurutnya, pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur nampaknya hanya akan sia-sia dan justru membuat ketimpangan baru di kawasan Indonesia tengah dan timur.  (Zs/Ops)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini